Debat Mitigasi Bencana

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin bersama Walikota Istanbul (Turki) Kadir Topbas, dan Walikota Dakar (Senegal) Khalifa Ababacar Sall, akan tampil dalam persentasi dan debat tentang pengurangan risiko bencana di New York, Amerika Serikat, 9-10 Februari mendatang. Ketiga Wali Kota ini hadir memenuhi undangan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mawardy Nurdin kepada Serambi di ruang kerjanya Jumat (4/2) kemarin mengatakan, ia dan dua wali kota lainnya akan tampil dengan materi tentang bencana di kota masing-masing dan bagaimana penanganannya. Mawardy sendiri mengaku sudah menyiapkan materi tentang keberhasilan Pemko Banda Aceh membangun kembali Kota Banda Aceh yang hancur akibat tsunami 2004 lalu.
“Kami diundang untuk memaparkan tentang apa yang sudah dilakukan pemerintah setelah bencana terjadi. Usai persentasi juga dilakukan debat bersama anggota majelis umum PBB dan peserta lainnya,” kata Mawardy Nurdin. Ia menambahkan, selain memaparkan program-program pembangunan yang sudah dilakukan Pemko Banda Aceh pascatsunami, ia juga akan menggunakan waktu mempromosikan Kota Banda Aceh yang sudah mencanangkan diri sebagai kota tujuan wisata. “Saya kira ini kesempatan yang cukup baik untuk mempromosikan Banda Aceh sebagai kota tujuan wisata yang aman,” ujarnya.

Mawardy menyebutkan, selain dirinya bersama Wali Kota Istanbul dan Wali Kota Dakar yang tampil sebagai panelis, juga akan tampil Sekretaris Jenderal Citynet, Mary jane Crisanto Ortega. Citynet adalah jaringan kota-kota di Asia Pasifik. Banda Aceh sendiri telah bergabung dalam Citynet pada 14 Oktober 2005 lalu dan merupakan kota ke-enam di Indonesia menjadi anggota Citynet.(saf)

 

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


87 − = 79