Pemko Sosialisasi E-KTP

BANDA ACEH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh, sudah mulai menyosialisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau E-KTP kepada seluruh keuchik di ibukota Provinsi Aceh ini. Tujuannya agar para keuchik memahami mekanisme pembuatan hingga E-KTP siap digunakan.
Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh, Dra Arfa Salwa MSi mengatakan, sosialisasi E-KTP dan pendistribusian Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke sembilan kecamatan di Banda Aceh dilakukan mulai Jumat (4/2) hingga Kamis (10/2). Terkait materi sosialisasi, menurut Salwa, yaitu tujuan penggunaan E-KTP, bentuknya, latar belakang pembuatan serta manfaatnya.

“Hingga hari ini (kemarin-red), kami sudah sosialisasi dan mendistribusikan NIK ke empat kecamatan yaitu, Ulee Kareng, Syiah Kuala, Baiturrahman dan Kuta Alam. Jumlah NIK yang didistribusi mencapai 35.563 KK,” kata Salwa kepada Serambi, kemarin.

Setelah sosialisasi dan distribusi NIK selesai, pihaknya akan melatih petugas pelayanan yang akan ditempatkan di kecamatan. “Kemudian baru dipasang jaringan pelayanan dan tempat sidik jari, lalu diundang masyarakat untuk melakukan perekaman sidik jari dan tanda tangan,” ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, penerapan E-KTP dilakukan serentak dan bertahap di Indonesia mulai Mei atau Juni 2011-2012. Pada 2011, penerapan E-KTP dilakukan di 197 kabupaten/kota dan Banda Aceh salah satu di antarannya. “Sisa 300 kabupaten/kota lagi akan dilakukan pada 2012 dan wajib selesai Desember 2012,” kata Illiza.(c47)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*