Pelatihan Penguatan Kapasitas Kader PKK

pembukaan pelatihan pkkWalikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin, meminta kader PKK Kota Banda Aceh agar mampu mendorong masyarakat, terutama kaum perempuan untuk berwirausaha sesuai dengan keterampilan.

Hal ini disampaikan Mawardy saat membuka acara pelatihan penguatan kapasitas Kader PKK Kota Banda Aceh di Aula Lantai IV Gedung Balaikota Banda Aceh, Selasa 26 Maret 2013.

Menurut Mawardy, kader PKK perlu mendorong dan menggerakkan kaum perempuan di gampong-gampong untuk menjadi pengusaha sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki sebagai upaya untuk menambah penghasilan dan membantu perekonomian keluarga walau dalam skala yang kecil.

“Buat pelatihan-pelatihan untuk mereka, untuk modal usaha bisa kita bantu dari dana bergulir yang ada di Badan Pemberdayaan masyarakat kota,” ujar Mawardy.

Terkait dengan pelatihan penguatan kapasitas kader PKK, Mawardy menilai kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif untuk SDM kader PKK sendiri yang nantinya diharapkan bisa ditularkan ke masyarakat.

“Pelatihan ini perlu bagi kader PKK, kalau kadernya tidak memiliki kapasitas,  bagaimana kita mampu menggerakkan,” kata Mawardy.

Sementara itu, ketua panitia yang juga Kepala BPM Kota, Ridha MM, dalam laporannya mengatakan pelatihan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 26 dan 27 Maret. Peserta dibagi dalam dua angkatan, dimana masing-masing angkatan berjumlah 45 peserta yang berasal dari sekretaris PKK Gampong dalam wilayah kota Banda Aceh.

“Satu angkatan 45 orang, jadi jumlah pesertanya semuanya 90 orang dari dua angkatan ini,” kata Ridha.

Maksud dari kegiatan ini, kata Ridha, untuk membangun persamaan persepsi dalam mengimplementasikan hasil Rakernas VII PKK tahun 2010 bidang administrasi PKK. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatnya kemampuan kader PKK dalam mengelola administrasi PKK.

Turut hadir pada kegiatan ini, Asisten Pemerintahan Pemeintah Kota Banda Aceh, Tarmizi Yahya, Kepala DPKAD Purnama Karya, Kepala Bappeda Bahagia,  dan juga para camat dalam Kota Banda Aceh.

sumber : http://atjehpost.com

materi pelatihan :

1. 10 program pokok pkk_banda aceh2. Kebijakan Pemko Banda Aceh Dalam Pambangunan Gampong
3. pengembanan kepribadian
4. PETUNJUK PENGISIAN TABEL ADM
5. LAMPIRAN_TABEL_12-16
6. LAMPIRAN_17_ENTRY DATA WARGA
7. LAMPIRAN_TABEL_18-29

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*