Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih di Banda Aceh

Pada hari Jumat,  5-4-2013, Pegawai BPM Kota Banda Aceh ikut melaksanakan Gotong Royong Massal dalam rangka dalam rangka Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih di Kota Banda Aceh.  Lokasi yang ditetapkan untuk pegawai BPM adalah Di depan Kantor PDAM, Stadion H.Dimurthala dan SD 24 Lampineung.

Dalam Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih di Kota Banda Aceh dan peresmian bank sampah di Kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh,  Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Sampah pada Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Ir Sudirman MM mengatakanKota Banda Aceh berpeluang meraih Adipura Kencana, yaitu penghargaan tertinggi bagi kota paling bersih di Indonesia. “Kota Banda Aceh berpeluang meraih penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan ini lebih tinggi dari Adipura,”

Ia mengatakan, peluang itu dilihat dari penilaian terhadap kebersihan lingkungan di ibukota Provinsi Aceh ini. Saat ini, Kota Banda Aceh masuk lima besar peraih Adipura dan telah lima kali meraih Adipura. Untuk meraih Adipura Kencana, katanya, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi Kota Banda Aceh.

Di antaranya, semangat masyarakat menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan. Selain itu, kota ini harus memiliki bank sampah dan masyarakatnya menghargai sampah. Artinya, masyarakat mendaur atau mengolahnya agar memiliki nilai ekonomis kembali.

“Indikator lainnya, ada program hemat energi di kantor pemerintahan maupun sarana publik. Dan saya melihat Kota Banda Aceh sudah melakukan semuanya,” kata Sudirman.

Ia menambahkan, dirinya bukan penentu peraih Adipura Kencana. Namun ia bisa menyampaikan kepada Kementrian Lingkungan Hidup bahwa Banda Aceh saat ini bersih dan sudah pantas mendapatkan penghargaan itu. “Semuanya juga tergantung pada kesiapan wali kota dan wakil wali kota serta masyarakat Banda Aceh. Penilaian Adipura Kencana dilakukan Mei nanti,” sebutnya.

Sementara Wakil Wali Kota, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan, dalam rangka menyambut HUT ke-808 Kota Banda Aceh pihaknya akan terus berupaya menjadikan Kota Banda Aceh semakin baik dalam pengelolaan sampah, melalui penambahan bank sampah, memperbaiki manajemen, mensosialisasikan ke sekolah-sekolah bagaimana mengurangi dan menghargai sampah. Sehingga ia yakin Kota Banda Aceh akan meraih Adipura Kencana.(r)

http://aceh.tribunnews.com (di olah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*