Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Posyandu 2015

Banda Aceh – Sistem Informasi Posyandu (SIP) diharapkan bisa memonitor apa saja kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi untuk kemudian bisa dikoneksikan dengan website Pemerintah Kota Banda Aceh. SIP ini dinilai sangat urgent dan dapat memudahkan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE dalam sambutannya di hadapan peserta pelatihan SIP Kota Banda Aceh 2015 yang digelar di Aula Gedung C Balai Kota, Selasa (3/11/2015).

Menurut Illiza, Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat, dan keberadaan Posyandu adalah perjuangan semua pihak dalam mencerdaskan masyarakat.

“Oleh karena itu, hari ini kita terus mengembangkan sistem elektronik, dan data yang dihasilkan harus sangat akurat sehingga kita bisa memantau sistem tersebut dengan akurat juga,” kata Illiza.

Illiza berharap agar keberadaan dan tempat Posyandu harus menarik dan kreatif agar punya daya tarik tersendiri. Diakui Illiza, keberadaan Posyandu di tengah-tengah masyarakat saat ini sudah sangat baik dan bagus, namun Illiza berharap agar tidak berpuas diri atas keberhasilan yang telah dicapai.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Banda Aceh, Ir Zulkifli Syahbuddin MM, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi kader Posyandu dalam peningkatan kinerja Posyandu terutama dalam pegelolaan SIP

“Salah satu tugas dari kader Posyandu ialah mengundang dan mengajak serta memberikan motivasi kepada masyarakat untuk datang ke Posyandu,” ujarnya.

Peserta pelatihan pengelolaan SIP ini berjumlah 132 orang yang berasal dari ketua dan kader Posyandu yang dibagi kedalam dua angkatan. “Untuk angkatan pertama yang mengikuti pada hari ini sebanyak 67 peserta dan angkatan kedua yang akan ikut pada esok hari berjumlah 65 peserta.” pungkas Zulkifli.

Acara tersebut ikut dihadiri oleh Ketua DPRK Banda Aceh Arief Fadillah SIKom, anggota DPRK Syarifah Munirah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr Media Yulizar MPh, serta awak media. (Sab)

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id/