Gampong Sehat Menuju Indonesia Kuat

Banda Aceh – Untuk mewujudkan Indonesia yang kuat harus dimulai dari Gampong Sehat melalui pendekatan kesehatan keluarga. Gampong Sehat adalah desa yang masyarakatnya mempunyai sifat gotong royong dan keswadayaan dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan, terutama pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi mewujudkan kemandirian keluarga sehat yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Banda Aceh Hasaduddin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Setdako Banda Aceh Bachtiar pada pembukaan seminar kesehatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Banda Aceh, Rabu (23/11/2016) di The Pade Hotel. Seminar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 bertema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat” ini diikuti oleh para tenaga medis dari 11 Puskesmas yang ada di Banda Aceh.

“Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sehat harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, gampong, kemudian daerah, dan akhirnya negara,” sebutnya.

Gampong Sehat berbasis PHBS, lanjutnya, adalah gampong yang penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan termasuk bencana secara mandiri. “Penduduknya juga dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan setiap hari melalui Puskesmas dan atau sarana kesehatan lainnya yang ada di wilayah gampongnya.” 

Hal lainnya, ia berharap seminar ini dapat bermanfaat bagi para peserta dalam meneruskan informasi mengenai hidup sehat, maksud dan tujuannya kepada masyarakat. “Kepada kader kesehatan PHBS, terus sosialisasikan kepada masyarakat luas agar PHBS agar benar-benar menjadi budaya bangsa. Perilaku hidup sehat hendaknya ditanamkan sejak usia dini, agar menjadi budaya yang dipraktikkan sehari-hari sepanjang hidup.”

“Saya juga berharap peran dan dukungan jajaran lintas sektor dan seluruh lapisan masyarakat agar pelaksanaan perilaku hidup sehat akan semakin meningkat progresnya. Semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama sesuai dengan tema tahun ini bisa tercapai,” tutup Bachtiar. (Hfz)

http://www.bandaacehkota.go.id/