Pilchiksung Gp. Peunayong

Pemilihan Keuchik secara langsung telah dilaksanakan di Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh pada hari Minggu tanggal 8 Oktober 2017. Pemilihan Keuchik ini diikuti oleh tiga orang calon yaitu Nomor Urut 1 (Muhammad Naim, S.H.I.) yang merupakan Ketua Pemuda Jurong Gajah Putih, Nomor Urut 2 (Sabri, S.Ag.) mantan Ulee Jurong Garuda, dan Nomor Urut 3 (Muhazar, S.E.) selaku Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Muttaqin Gampong Peunayong. Ketiga calon ini yang notabenya sama-sama Pedagang.

Berdasarkan hasil Pemungutan dan Perhitungan Suara yang telah dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat masing-masing TPS 1 dan TPS 2 dimenangkan oleh Calon Nomor Urut 2 (Sabri, S.Ag.) dengan perolehan suara terbanyak yaitu sebanyak 599 suara dan disusul oleh Nomor Urut 3 (Muhazar, S.E.) sebanyak 282 suara, sedangkan Nomor Urut 1 (Muhammad Naim, S.H.I.) hanya memperoleh sebanyak 100 suara dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.833 orang yang ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Keuchik Gampong Peunayong.

Dalam pemilihan keuchik ini tingkat partisipasi pemilih mencapai 54% dari Jumlah DPT dan sudah sesuai dengan Ketentuan Pasal 32 ayat 1 Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Keuchik di Aceh yaitu pemilihan keuchik dinyatakan sah apabila jumlah pemilih yang hadir dan menggunakan hak pilihnya sekurang-kurangnya 1/2 (seperdua) tambah 1 (satu) dari jumlah seluruh pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Penyelenggaraan pemilihan di Gampong Peunayong berjalan dengan tertib dan aman yang dihadiri oleh semua unsur baik dari Pihak DPMG Kota Banda Aceh, Muspika Kecamatan Kuta Alam, Mukim Lam Kuta serta seluruh Pemangku kepentingan di gampong. Pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kegiatan pemungutan dan perhitungan suara selesai pada pukul 16.30 WIB, dan semua para calon berserta dengan seluruh tim pemenangannya masing-masing puas dengan hasil yang telah mereka peroleh. (TMS)

Kegiatan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS (SMP Negeri 9 Banda Aceh) Gampong Peunayong

https://gampongpeunayong.wordpress.com