Pencanangan Lampaloh sebagai Gampong Ramah Anak

Banda Aceh – Lampaloh merupakan gampong (Desa) dengan wilayah terkecil di Banda Aceh. Gampong ini terletak di Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Namun Gampong ini menjadi yang terdepan dicanangkan sebagai gampong ramah anak di Banda Aceh. Saat ini Lampaloh tercatat sebagai gampong ramah anak kedua setelah Lamjabat.

Pencanangan Lampaloh sebagai Gampong Ramah Anak dilakukan oleh Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM Rabu (31/10/2018). Pemukulan Rapai oleh Wali Kota bersama Ketua DPRK, Arif Fadillah dan Wakil Wali Kota, Drs Zainal Arifin serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh, dr Media Yulizar menandai gampong ini sebagai gampong ramah anak. Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Ketua DPRK juga melepas baon ke udara bersama dengan puluhan anak-anak gampong tersebut.

“Ini gampong kedua di Banda Aceh setelah Lamjabat yang telah dicanangkan tahun lalu,” kata Aminullah.

Aminullah mengapresiasi pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh yang telah bekerja keras menjadikan Lampaloh sebagai Gampong Ramah Anak. Namun Wali Kota meminta seluruh gampong di Banda Aceh bisa dijadikan sebagai Gampong Ramah Anak.

“Setelah tahun lalu dicanangkan Lamjabat, baru ini lagi dicanangkan di Lampaloh. Saya pikir jangan hanya satu gampong, tapi bisa sampai 10 hingga 15 gampong dalam setahun. ” pinta Wali Kota.

Untuk mendukung Gampong Lampaloh sebagai Gampong Ramah Anak, Wali Kota mengatakan, Pemko akan melakukan tahapan-tahapan dalam rangka pengembangannya, diantaranya, melakukan sosialisasi Gampong Ramah Anak bagi masyarakat dan aparatur gampong Lampaloh, pembentukan gugus tugas gampong ramah anak Lampaloh, sosialisasi gerakan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat di gampong Lampaloh, pembentukan forum anak Gampong Lampaloh dan mendorong pengalokasian dana gampong untuk upaya promosi pemenuhan hak anak.

“Pembentukan forum anak Gampong Lampaloh akan kita lakukan pda bulan November nanti,” kata Aminullah.

Wali Kota juga mengatakan, kedepan, Pemko akan mengalokasikan anggaran untuk membuka ruang publik yang ramah terhadap anak.

“Selain sebagai untuk menghadirkan ruang publik yang ramah bagi anak, sekaligus bisa juga dijadikan sebagai sektor pengembangan ekonomi masyarakat,” katanya.

Lanjut Wali Kota, anak merupakan kader generasi masa depan bangsa ini. Karenanya, penting bagi setiap orang termasuk guru untuk membentuk karakter anak ke arah yang lebih baik.

Pada kegiatan yang digelar di pekarangan Meunasah Gampong Lampaloh, juga ditampilkan sejumlah penampilan kesenian yang dimainkan anak-anak Lampaloh. Ada juga penampilan Daiyah Cilik yang menyampaikan tausyiah singkat. (mkk)

http://bandaacehkota.go.id/