Kunjungan Ibu Negara ke Banda Aceh

Banda Aceh – Ibu Negara Hj.Iriana Joko Widodo dan Hj.Mufidah Jusuf Kala serta Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) hari ini (31/1/19) berkunjung ke Banda Aceh guna melaksanakan sejumlah kegiatan.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman beserta istri Nurmiati, AR turut menyambut kedatangan istri orang nomor 1 dan 2 di Indonesia ini dihalaman Puskesmas Meuraxa Banda Aceh dan tampak Plt.Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh juga para dokter puskemas meuraxa dan masyarakat setempat turut menyambut kedatangan ibu negara dan romobongan. Dimana sebelumnya pada saat tiba di Bandara SIM rombongan ibu Negara disambut oleh Plt.Gubernur Aceh beserta istri, Pangdam IM beserta istri serta Kapolda Aceh beserta istri.

Lawatan Iriana dan Mufidah di awali dengan mengunjungi PAUD Permata Hati untuk melakukan sosialisasi gerakan cuci tangan bersama dan sosialisasi makan sehat. Dan setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi puskesmas meuraxa untuk melakukan sosialisasi Inspeksi Visual Asetat (IVA) test.

Kunjungan kerja di Puskesmas Meuraxa ini untuk meninjau kegiatan sosialisasi IVA Test serta sosialisasi deteksi dini kanker.

Iriana dalam sambutannya mengajak para ibu ibu untuk tidak perlu khawatir menjalani IVA test, karena ini merupakan langkah awal untuk mencegah kanker rahim.

Lebih lanjut Iriana juga menambahkan bahwa program ini telah dicanangkan sebagai program nasional yang ditujukan untuk mengurangi angka kematian akibat kanker serta ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan yang tinggi melalui program hidup sehat.

“Kanker Serviks adalah jenis kanker yang memiliki peringkat pravelensi kedua setelah kanker payudara yang banyak ditemukan di Indonesia”, jelas Iriana.

Selain melakukan sosialisasi IVA Test, juga dilakukan sosialisasi penanggulangan TBC, serta pencegahan dan penanggulangan stunting yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baik kegiatan sosialisasi ini sebagai sebuah perhatian yang diberikan dari ibu negara dan wakil serta Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) kepada Banda Aceh yang merupakan daerah paling ujung Sumatra.

“Kedatangan para tamu dari luar ke Banda Aceh ini merupakan salah satu cara untuk menujukkan tentang proses pembangunan, serta destinasi wisata yang ada di Banda Aceh dan semoga semua tamu bisa berkesan dan ingin untuk datang kembali”, harap Aminullah.

Sebelum meninggalkan puskesmas meuraxa, Iriana dan Mufidah serta rombongan yang didampingi istri Plt.Gubernur, Dyah Erti Idawati, Wali Kota Banda Aceh dan Istri melakukan penanaman pohon mangga dan jambu. Penanaman pohon tersebut dimaksudkan sebagai simbol kepedulian rakyat Indonesia terhadap lingkungan hidup yang hijau dan asri.

Sembari menghantar kepulangan rombongan ibu Negara untuk melanjutkan kegiatan berikutnya, Wali Kota Banda Aceh tidak lupa menyampaikan salam kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden melalui Ibu Negara Iriana.

Selepas melakukan tinjauan sosialisasi IVA Test, Dalam kunjungan kerja ini Iriana dan Mufidah juga akan mengisi beberapa agenda diantaranya sosialisasi anti narkoba serta meninjau sosialisasi parenting di gedung AAC Dayan Dawood, dan agenda yang terakhir yaitu mengunjungi anjungan Dekranasda Aceh.(iin)

https://bandaacehkota.go.id/