Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Posyandu Kota Banda Aceh 2019

Banda Aceh – Guna meningkatkan kinerja Posyandu dan kompetensi para kadernya, Pemko Banda Aceh melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh menggelar pelatihan pengelolaan Sistem Informasi Posyandu (SIP).

Kegiatan ini dibuka langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Rabu (7/8/2019) di Aula Lantai II, Gedung C Kompleks Balai Kota Banda Aceh.

Kepada 114 peserta pelatihan dari 114 Posyandu di Banda Aceh, Aminullah meminta mereka mampu beradaptasi dan menguasai tekhnologi infomasi di era 4.0.

“Sangat penting memperkuat sistem informasi posyandu secara online, sehingga nantinya akan memberi gambaran situasi terkini kepada pihak yang berkepentingan dan para pengambil kebijakan untuk menyusun program dan penganggaran kesehatan ibu dan anak di posyandu secara strategis dan tepat sasaran,” kata Aminullah.

Katanya, selama ini banyak data tidak terinput dengan baik di tingkat posyandu. Maka dengan memanfaatkan IT, masalah akan dapat dapat teratasi. Data real time bisa direkap dalam hitungan detik sehingga tidak ada lagi data yang tertinggal.

Kata Aminullah, Posyandu saat ini bukan hanya sebagai tempat pelayanan kesehatan Ibu Hamil, Balita serta Pelayanan KB, akan tetapi juga berkembang pada pelayanan lainnya seperti BKB dan Pos PAUD. Tentunya dapat dimaklumi bahwa posyandu berperan penting dalam mendorong pembangunan yang berpartisipatif dalam rangka meningkatkan kualitas SDM. Hal ini dikarenakan, lembaga tersebut berada langsung di tengah-tengah masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era revolusi 4.0, Posyandu-pun kini harus berbasis teknologi. Sebagai ujung tombak Pemerintah di bidang kesehatan, Posyandu kini telah memiliki sebuah basis data yang terstruktur dengan baik dan terkomputerisasi sehingga mudah dilakukan analisa-analisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Ketua panitia pelaksana yang juga Kabid Peningkatan Kapasitas Kelembagaan DPMG Kota Banda Aceh, Triansyah putra mengatakan pelatihan yang diikuti 114 kader Posyandu di seluruh Banda Aceh ini digelar selama dua hari di Aula Lantai II Gedung C Balai Kota.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi kader Posyandu dalam meningkatkan kinerja Posyandu.

Untuk membekali para peserta, panitia menghadirkan pemateri Kepala DMPG Banda Aceh, Dwi Putrasyah dan Tenaga Ahli P3MD Aceh. Dihadirkan juga para Kabid dari DPMG Kota Banda Aceh, dan pemateri dari unsur Dinas Kesehatan.(mkk)

https://bandaacehkota.go.id