Aminullah: Panahan Olahraga Pembentuk Moral dan Disiplin Anak

Wali Kota Buka Turnamen “The Last Standing Archer”

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan olahraga panahan dapat menjadi sarana pembentuk moral dan disiplin anak. Terlebih, panahan merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah saat membuka turnamen memanah “The Last Standing Archer”, Sabtu 30 Januari 2021 di Gampong Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa. Ajang tersebut digelar oleh klub panahan I Live Smart (ILS) Archery.

Aminullah sangat mengapresiasi turnamen yang diikuti oleh puluhan atlet panahan dari sejumlah klub di Banda Aceh. “Banyak sekali manfaatnya, mulai dari mempererat tali silaturahmi antar sesama hingga mencegah penyalahgunaan narkoba oleh generasi muda kita,” ujarnya.

Manfaat lainnya, kata wali kota, olahraga kegemaran nabi itu juga bisa membentuk karakter anak yang islami. “Panahan olahraga pembentuk moral, disiplin, dan dedikasi anak-anak kita sehingga mereka kelak bisa menjadi kebanggaan Banda Aceh, Aceh, bahkan Indonesia,” ujarnya lagi.

Dan yang tak kalah penting, kegiatan yang melibatkan banyak pihak seperti turnamen olahraga ini, akan mampu mendongkrak perekonomian kota. “Dengan adanya event, sektor-sektor usaha rakyat akan ikut menggeliat dan pada akhirnya bisa mendongkrak perekonomian kota,” katanya seraya mewanti-wanti agar semua pihak tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara ketua panitia Amrul Amin mengatakan turnamen panahan yang digelar selama dua hari tersebut diikuti oleh 56 peserta perwakilan dari berbagai klub panahan. “Termasuk sejumlah atlet panahan Banda Aceh yang akan berlaga pada ajang PON Aceh-Sumut 2024,” katanya.

Ia pun berharap dalam dua-tiga ke depan “The Last Standing Archer” bisa menjadi turnamen nasional di Banda Aceh. “Untuk itu, kami mengharapkan dukungan penuh dari Pak Wali untuk ‘menghidupkan’ olahraga anjuran Baginda Nabi ini, sekaligus mengharumkan nama Banda Aceh di kancah nasional,” katanya lagi. (Jun)

https://bandaacehkota.go.id/