Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK di Gampong Seutui

Banda Aceh – Wakil Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Banda Aceh Fauziah memimpin tim penilai Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kota Banda Aceh tahun 2021 ke Gampong Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Senin 22 Maret 2021.

Dipusatkan di Kantor PKK Seutui, Komplek Masjid Taqwa, Fauziah dan rombongan disambut oleh ketua dan para pengurus PKK gampong dan kecamatan setempat. Usai seremoni pembukaan, acara dilanjutkan dengan penilaian masing-masing bidang organisasi kemasyarakatan pemberdayaan wanita

Adapun penilaian yang dilakukan meliputi bidang Administrasi Sekretariat, Pokja I Pencegahan KDRT, Pokja II Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UP2K, Pokja III Pemanfaatan Tanah Pekarangan dan Tanaman Obat Keluarga (Toga), serta Pokja IV Pelaksanaan Kegiatan Posyandu dan Sosialisasi IVA Test.

Dalam sambutannya, istri Wakil Wali Kota Banda Aceh ini mengatakan penilaian yang dilakukan pihaknya merupakan tindak lanjut dari pembinaan yang telah dilakukan sebelumnya. “Hasil yang diinginkan adalah penataan gampong sehingga Seutui bisa menjadi percontohan bagi Kecamatan Baiturrahman dan di tingkat yang lebih tinggi lagi.”

Sementara tujuan penilaian bukan untuk mencari kekurangan, katanya, namun lebih kepada upaya meningkatkan kinerja PKK selaku mitra pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. “PKK dengan 10 program pokoknya, harus mampu berandil dalam pembangunan gampong mawaddah warahmah guna mewujudkan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah.

Kepada tim penilai, Fauziah berpesan agar dapat melakukan penilaian dengan sungguh-sungguh dan seadil-adilnya, sehingga menghasilkan nilai yang akurat. “Dengan begitu, kita akan bisa memotivasi ibu-ibu semua untuk melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap hal-hal yang masih kurang dan dianggap perlu demi keberadaan organisasi yang lebih baik lagi ke depan,” ungkapnya.

Selain Gampong Seutui, Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kota Banda Aceh tahun ini juga akan menyambangi sembilan gampong lagi hingga 1 April 2021 mendatang. Ke-9 gampong itu, yakni Gampong Mulia, Merduati, Alue Naga, Lambung, Lamlagang, Sukadamai, Lambhuk, dan Geuceu Meunara. PKK Gampong terbaik nantinya berhak mewakili kota untuk lomba serupa di tingkat Provinsi Aceh. (Jun)