Bantuan Dapur Umum dari BNPB, Pemko Ucapkan Terima Kasih

Banda Aceh – Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs. H. Zainal Arifin atas nama Pemerintah Kota Banda Aceh mengucapkan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah memberi bantuan dapur umum untuk BPBD Kota Banda Aceh.

Hal tersebut dikatakannya saat lakukan kunjungan dalam rangka uji ccba dapur umum bersama Sekda Kota Banda Aceh, Wakil Ketua DPRK, Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah di BPBD (21/7/2021).

Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin mengatakan bahwa Pemko berterima kasih kepada BNPB pemerintah pusat yang telah menyerahkan bantuan dapur umum ke BPBD. Jika terjadi bencana di Banda Aceh, ia yakin dapur umum ini sangat bermanfaat.

“Karena dapur umum ini bersifat mobil jadi bisa dibawa ke manapun lokasi terjadinya bencana. Dan ini sangat terbantu,” kata Zainal.

Harapannya, mudah-mudahan kedepan jika ada lagi bantuan serupa, pihaknya siap menerima perhatian dan kasih sayang dari BNPB pusat lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPBD Banda Aceh Rizal Abdillah, S. Sos, M.Si mengatakan bahwasanya dapur umum dimanfaatkan untuk bencana apa saja yanng adanya pengungsi.

“Kita bantu masyarakat saat susah, apalagi saat mengungsi mereka sudah di luar rumah, kita buat mereka tetap seperti dirumah, dengan punya dapur sendiri. Jadi saat lapar bisa langsung makan, anak anak juga seperti itu. Beda rasanya jika dengan nasi bungkus yang diberikan,” ungkap Rizal.

Ie mangkhawatirkan saat terjadi bencana yang kasusnya tidak begitu parah, tidak ada surat Walikota tentang tanggap darurat namun terkendala dengan masalah biaya. Sehingga dapur umum yang ada tapi tidak bisa dimanfaatkan karena tidak punya material untuk dibeli ataupun dimasak.

Ia berharap, semoga Covid19 cepat berakhir, dan kondisi keuangan Kota Banda Aceh cepat kembali normal. Dan semoga semua program kegiatan untuk mendukung visi misi Walikota bisa terlaksana. (hus)