PKK Kota Banda Aceh Lauching RGG Peunyerat Untuk Cegah Stunting

Banda Aceh – Guna suksesnya pelaksanaan program pencegahan dan penanganan stunting, Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Banda Aceh mendirikan Rumoh Gizi Gampong (RGG) yang berada di Gampong Peunyerat.

RGG tersebut di Launching oleh Ketua PKK Kota Banda Aceh Nurmiati, Senin (16/8/2021). Kegiatan ini turut disaksikan anggota PKK kota dan unsur muspika Gampong Peunyerat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nurmiati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sangat peduli terhadap Program Rumoh Gizi Gampong. “Sebagaimana harapan kita bersama, implementasi Rumoh Gizi Gampong (RGG) adalah untuk mengupayakan kemandirian gampong dalam melakukan pencegahan dan penanganan stunting dari tingkat paling dasar,” ujarnya.

Kata Nurmiati, pencegahan dan penanganan stunting harus melibatkan semua orang, karena dengan adanya kolaborasi dan peran semua pihak sampai elemen terkecil, pencegahan dan penanganan bisa dilakukan secara mandiri.

“Perlu kita pahami bersama, bahwa program stunting telah menjadi program prioritas baik di skala nasional, provinsi hingga gampong. Alhamdulillah di Provinsi Aceh, Pencegahan dan penanganan stunting, juga telah diamanatkan oleh Pemerintah Aceh melalui Peraturan Gubernur Aceh Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pencegahan Penanganan Stunting Terintegrasi di Aceh,” sebutnya.

Oleh karenanya, kehadiran RGG di setiap gampong khususnya Gampong Peunyerat ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, sehingga cita-cita Banda Aceh Gemilang untuk mewujudkan generasi yang unggul dengan sumber daya berkualitas dapat terwujud.

“Rumoh Gizi Gampong, ada beberapa cara yang dapat dilakukan pengurus maupun masyarakat dalam mencegah stunting. Salah satunya rutin membawa bayi dan balita ke Posyandu. Kemudian, bagi pengurus PKK di seluruh gampong juga harus ikut mensosialisasikan makanan bergizi bagi orang tua maupun anak,” jelasnya.

Nurmiati, mengajak semua keluarga untuk memprioritaskan pemberian makanan bergizi, kepada anak-anak berusia balita. “Secara khusus kami meminta kepada ibu hamil untuk senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi, sebab perkembangan otak anak sudah dimulai sejak dalam kandungan,” kata Ketua PKK kota.

Terakhir Nurmiati berharap, Rumoh Gizi Gampong Peunyerat tersebut, tidak hanya sebatas launching. “Kami berharap Para Kepala SKPK terkait maupun camat, untuk terus mendukung berjalannya Rumoh Gizi ini dengan cara mengalokasikan dana untuk operasional. Sekali lagi, mari kita sukseskan pencegahan stunting di Kota Banda Aceh,” pungkasnya. (Mer)