Jambore Kader PKK Kota Banda Aceh

Jambore.PkkBanda Aceh – PKK Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Jambore Kader tahun 2015. Kegiatan ini digelar selama dua hari, dari tanggal 16 s/d 17 Oktober di Aula lantai IV, Balaikota Banda Aceh. Acara yang dibuka Asisten Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan, Ir Gusmeri ini menyelenggarakan aneka lomba bagi para kadernya.

“Ada lima lomba yang kita gelar, tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan para kader dalam gerakan PKK,” ungkap Ketua TP PKK Kota Banda Aceh, Fauziah Zainal Arifin.

Selain itu, lanjut Fauziah, tujuan lain kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kinerja kader dalam mengelola 10 program pokok PKK, Memberikan kesempatan kepada kader untuk saling berbagi pengalaman dan meningkatnya hubungan ukhuwah Islamiyah sesama kader dan pengurus PKK Kecamatan dan PKK Kota Banda Aceh.

Adapun lima kegiatan yang diperlombakan adalah, lomba penyuluhan 10 program pokok PKK, lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja, lomba penyuluhan BKB (menjadi orang tua hebat), lomba penyuluhan Hatinya PKK dan lomba penyuluhan lingkungan bersih dan sehat.

Kegiatan jamboree ini diikuti oleh 63 kader yang berasal dari unsur PKK Gampong, PKK Kecamatan dan pengurus PKK tingkat Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Gusmeri menyampaikan  Tidak bisa dipungkiri bahwa peran Tim Penggerak PKK sangat besar dalam membantu dan menjadi mitra Pemerintah Kota Banda Aceh dalam melaksanakan pembangunan, antara lain pembangunan kesehatan, peningkatan ekonomi sebagi upaya  pengentasan keminskinan, pendidikan untuk membangun fisik, mental spiritual masyarakat, pemeliharaan dan pelestarian lingkungan serta pengembangan nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang sesuai dengan norma agama,  dalam rangka memperkuat ketahanan keluarga.

“Kader yang telah bekerja mengabdikan dirinya sebagai relawan yang bekerja tanpa pamrih, sudah selayaknya mendapat perhatian dari  kita semua, karena kader PKK gampong merupakan ujung tombak dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan yang terkait dengan program kerja SKPD,” ujar Gusmeri.

Katanya lagi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang  Desa yang mana pemerintah gampong merupakan  garda terdepan dalam pembangunan Nasional, karenanya  kader PKK yang merupakan  bagian dari kader pemberdayaan masyarakat gampong dengan sasarannya adalah keluarga perlu diapresiasi dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti jambore kader ini, sebagai upaya memberikan penyegaran bagi para kader dalam etos kerja sehingga menjadi Kader PKK kebanggaan.

Harapan Gusmeri, sebagai ajang pertemuan  para kader PKK  dalam membangun kerja sama dan sportifitasnya  dalam mencapai prestasi sesuai  kemampuan,  maka penyelenggaraan  jambore kader PKK hendaknya dapat memberikan penghargaan kepada para kader  gampong atas prestasinya melaksanakan gerakan PKK secara suka rela. Selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader dalam  mengelola 10 program pokok PKK.

Harapan lainnya, melalui jambore kader ini, para kader dapat menjadi agent perubahan dalam mendukung Program Pemerintah Kota Banda Aceh   terutama mewujudkan visi Kota Banda Aceh  menjadi Model Kota  Madani.  (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/