Sosialisasi Detail SIPBM 2018

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Banda Aceh pada tanggal 23 s/d 25 Januari 2018 melaksanakan kegiatan sosialisasi detail penerapan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) online kepada 90 keuchik di Kota Banda Aceh. Tujuan kegiatan ini memberikan informasi detail tentang keuntungan aplikasi bagi pemerintah gampong , menyepakati penyediaan sarana yang dibutuhkan dan meminta daftar nama dari gampongdesa yang akan menjadi enumerator, verifikator dan operator untuk proses penerapanan aplikasi SIPBM di gampong.

Adapun kegiatan akan dilakukan dengan membagi 9 kecamatan menjadi 3 wilayah pelaksanaan kegiatan dengan klasifikasi cluster.

  1.  Tanggal 23 Januari 2018  di Kantor Camat  Kuta Alam, untuk Cluster I (kecamatan Kuta Alam, Syiah Kuala dan Ulee Kareng)
  2.  Tanggal 24 Januari 2018 di Kantor Camat Baiturrahman, untuk Cluster II (Kecamatan Baiturrahman, Lueng Bata dan Banda Raya)
  3.  Tanggal 25 Januari 2018 di Kantor Camat Meuraxa, untuk Cluster III (Kecamatan Meuraxa, Jaya Baru dan Kutaraja)

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan pelaksanaan Program SIPBM yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Banda Aceh, Katahati Institute dan UNICEF yang akan dilaksanakan selama 9 bulan ke depan.

sebelumnya,  inovasi pengembangan  SIPBM pada tahun 2015 yang lalu telah dilaksanakan program pada 9 (sembilan) gampong di Kota Banda Aceh sebagai proyek percontohan (pilot project), dengan pengambilan contoh wilayah untuk satu kecamatan dipilih satu gampong.

Akhir Tahun 2017  lalu, Pemerintah Kota Banda Aceh bekerjasama kembali dengan Katahati Institute dan juga didukung sepenuhnya oleh UNICEF akan melaksanakan lanjutan dari program SIPBM ini selama 9 bulan ke depan. Tujuan program ini adalah :

  1. Replikasi penerapan SIPBM Online ke 90 gampong di Kota Banda Aceh dalam proses perencanaan pembangunan, khususnya sektor pendidikan
  2. Menyempurnakan aplikasi SIPBM online yang telah dikembangkan sebelumnya oleh tim Pemerintah Kota Banda Aceh sesuai dengan IK SIPBM versi digital dan kebutuhan perencanaan pembangunan di Kota Banda Aceh.
  3. Memastikan proses perencanaan pembangunan sektor pendidikan di Kota Banda Aceh dilakukan dengan berbasis data.