Pelatihan Profil Gampong 2018

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM menginginkan setiap gampong (desa) di Banda Aceh memiliki data lengkap yang disajikan dalam profil berbasis web.

“Hal ini sangat dibutuhkan dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan gampong yang akurat, komprehensif dan integral, sehingga dapat berpengaruh terhadap rencana program-program pembangunan, baik ditingkat kota, provinsi dan pusat,” ujar Aminullah, Senin (24/9/2018) saat membuka pelatihan pembinaan dan pemantapan profil gampong di Aula lantai IV, Gedung Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Kata Wali Kota, profil gampong merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter gampong yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana, serta perkembangan, kemajuan dan permasalahan yang dihadapi.

Lanjutnya, dengan data dan profil gampong tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kata Aminullah, ketersediaan data dan informasi gampong tersebut yang akurat, dapat dijadikan sebagai acuan indikator keberhasilan program pemberdayaan gampong dimasa mendatang.

“Misalnya berapa jumlah pengangguran, angka kemiskinan, jumlah anak yatim, data anak putus sekolah dan lainnya harus selalu update agar kita lebih mudah menyusun program,” pinta Wali Kota.

Sementara itu, Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh, Drs Dwi Putrasyah menyampaikan pelatihan yang digelar pihaknya diikuti oleh 99 peserta dari utusan 90 gampong dan utusan 9 kecamatan.

Tujuan kegiatan ini digelar, untuk mempercepat implementasi penyusunan profil gampong berbasis tekhnologi informasi yang relevan untuk dasar perencanaan pembangunan.

“Tujuan lainnya, untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya manusia,” ujar Dwi Putrasyah.

Sebagai pemateri, panitia menghadirkan Sayed Syahril dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Provinsi Aceh. (mkk)

http://bandaacehkota.go.id/