Aminullah: Pemko dan BI Elektronifikasikan Pelabuhan Ulee Lheue

  • Launching Pertengahan Desember

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pehubungan bekerjasama dengan perbankan mengelar sosialisasi pembayaran non tunai untuk akses memasuki pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue.

Sosiaisasi ini digelar di arena Car Free Day (CFD), Minggu (1/12/2019).

Sosialisasi ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Kepala BI Perwakilan Aceh Zainal Arifin Lubis, Sekdakota Bahagia, Ketua TP PKK Hj Nurmiaty AR, Kadishub Muzakkir Tulot, dan para Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh. Hadir juga para pimpinan perbankan yang menjadi mitra pemko pada program ini, yakni pimpinan Bank Mandiri, BCA, BNI, Bank Aceh Syariah dan BNI Syariah.

Semua lembaga keuangan ini kemudian ikut menyosialisasikan kartu pembayaran elektronik, produk mereka yang nanti dapat digunakan masyarakat saat memasuki kawasan Ulee Lheue. Ada e-money dari Mandiri, BRIZZI (BRI), TapCash (BNI) TapCash iB (BNI Syariah) dan Flazz (BCA).

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan penerapan transaksi elektronifikasi sistem pembayaran non tunai ini direncanakan grand launching-nya pada pertengahan Desember. Sementara sosialisasi terus dilakukan hingga tiga bulan kedepan agar seluruh masyarakat segera memiliki kartu tersebut.

“Mulai pertengahan desember ini, masyarakat yang ingin masuk ke pelabuhan penyebrangan Ulee Lheue bisa menggunakan kartu-kartu dari produk perbankan tersebut dan kartu members (kartu gemilang) yang dikeluarkan Dishub,” kata Aminullah.

 

 

Program ini, kata Wali Kota diberlakukan dalam rangka memanfaatkan tekhnologi untuk transparansi dan mencegah terjadinya pungli.

“Dengan penerapan pembayaran non tunai ini tidak ada peluang untuk pungli, karena langsung masuk ke kas daerah. Dengan begitu PAD juga akan meningkat,” ungkapnya.

“Selain itu kebijakan ini juga dalam rangka menyukseskan program Gerakan Nasional  Non-Tunai (GNNT) yang diluncurkan Bank Indonesia,” tambah Aminullah.

Kata Wali Kota, elektonifikasi ini merupakan program unggulan Banda Aceh dalam menindaklanjuti program Banda Aceh Smart City.

CFD edisi minggu ini berlangsung meriah, ribuan masyarakat kota sudah memadati lokasi Jl Tgk Daud Beureueh sejak pukul 07.00 Wib. Mereka menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dengan mengikuti berbagai kegiatan yang digelar Pemko di CFD.

Ratusan anak-anak juga terlihat antusias mengikuti lomba mewarnai.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota besama Kepala BI juga ikut membagi-bagikan hadiah menarik berupa doorprize kepada masyarakat.[]

https://bandaacehkota.go.id