Dinsosnaker Banda Aceh Latih Ketrampilan Pencari Kerja

BANDA ACEH – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banda Aceh, melatih sebanyak 32 pemuda dan pemudi pencari kerja dan pemuda putus sekolah. Para pemuda itu dilatih keterampilan dalam bidang operator dan teknisi komputer.
Kepala Dinsosnaker Banda Aceh, Drs Purnama Karya didampingi Kabid Pengembangan Produktivitas Tenaga Kerja, Drs Haryadi kepada Serambi Senin (25/10) mengatakan, sebanyak 32 pencari kerja itu dilatih dalam dua bidang, yakni bidang operator komputer dan teknisi komputer dengan masing-masing bidang sebanyak 16 orang.

Menurut Purnama, pelatihan yang berlangsung di Balai Latihan Kerja Banda Aceh, sejak Senin (18/10) lalu, berlangsung selama 30 hari atau disebut dengan pola pelatihan 240 jam. Tujuan kegiatan itu, katanya, antara lain untuk mendidik para pemuda-pemudi agar memiliki ketrampilan pada bidang masing-masing, sehingga bisa hidup mandiri dan dapat membuka lapangan kerja baru.

“Dengan skill yang dimiliki nantinya, kita harapkan mereka bisa mandiri serta mudah mendapat pekerjaan di tengah pesatnya persaingan diantara angkatan pencari kerja yang semakin hari semakin banyak,” ujar Purnama Karya. Program itu juga merupakan program Kementerian Tenaga Kerja.

Dalam tahun ini, direncanakan ada sembilan angkatan pelatihan dengan total peserta mencapai 150 orang. Hingga kini, pelatihan itu telah selesai dua angkatan dan sedang berlangsung dua angkatan. Disebutkan, pelatihan untuk angkatan berikutnya yang juga dibuka untuk masyarakat umum yakni tentang konstruksi bangunan, teknisi handphone, operator komputer, serta instalasi listrik.(mis)

sumber : http://www.serambinews.com/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*