Kepala DPMG Banda Aceh Hadiri Penilaian 10 Besar TTG Nasional 2021

Banda Aceh- Selasa 7-9-2021, Kepala DPMG Kota Banda Aceh, Drs. Dwi Putrasyah menghadiri acara Presentasi 10 Besar Penilaian Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual oleh panitia pusat.

Mesin Pres Jerami Horizontal Portabel, hasil inovasi yang dikembangkan oleh inventor Hendra Saputra dan Nurwahidi dari Kota Banda Aceh, masuk dalam 10 besar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional Tahun 2021.
 
Penetapan tersebut tertuang dalam surat Kementrian Desa, Pembengunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 186/PMD.02.04/VIII/2021 tanggal 31 Agustus 2021 tentang Pemberitahuan Seleksi Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional XXII Tahun 2021.

Hendra dan Nurwahidi didampingi TA Pendamping Desa dan Posyantek Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh, tampil melalui zoom meeting mempresentasikan karya inovasi mereka di hadapan lima juri nasional.

Dalam acara yang berlangsung di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh itu turut hadir, Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin, Plt Kepala DPMG Aceh DR Ir Zulkifli MSi, Kepala Dinas Peternakan Aceh Drh Rahmandi MSi,, dan sejumlah pejabat Pemko Banda Aceh lainnya.

Hendra berharap mesin press jerami horizontal portabel hasil karyanya bersama Nurwahidi bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya petani peternak. Sehingga bisa membantu meringkas pekerjaan menjadi lebih efisien dan optimal dalam meningkatkan produksi hasil pertanian dan peternakan. “Ke depan Insya Allah mesin ini akan diproduksi massal. Sudah ada beberapa investor yang berminat,” ungkap Hendra.

Selanjutnya Hendra Saputra memohon doa kepada seluruh masyarakat Aceh agar hasil karyanya bisa masuk tiga besar dan juara di tingkat nasional. Harapan tersebut juga disampaikan Plt Kepala DPMG Aceh, Zulkifli.

“Insya Allah kita bisa meraih juara, minimal 3 besar sehingga inovator alat pres jerami horizontal bisa diundang langsung oleh menteri ke Jakarta,” harap Zulkifli.

Dia menyebutkan, juara nasional ini akan diumumkan pada 10 September 2021 dan acara penyerahan juara 1, 2 dan 3 akan dilaksanakan pada 20 September 2021 di Jakarta. “Semoga ini menjadi kebanggaan Provinsi Aceh,” tutupnya.

 

 https://aceh.tribunnews.com
https://dpmg.acehprov.go.id