Apakah wadah plastik/topless plastik itu Aman?

Quantcast

Rumah kita hampir seluruhnya berisi barang-barang dari plastik, dan dapur tidak terkecuali. Yang menjadi masalah adalah: senyawa Kimia dari wadah plastik dan peralatan dapur lainnya dapat lepas atau luluh bercampur ke dalam makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia ini dapat membahayakan orang, terutama bayi dan anak-anak.

Kedua pelanggar terbaik-dipelajari adalah bisphenol A (BPA) dan ftalat. BPA meniru estrogen dan telah terbukti dapat mengganggu hormon dan fungsi sistem reproduksi pada hewan. Penelitian oleh Program Toksikologi Nasional menemukan tingkat moderat keprihatinan tentang “efeksenyawa tersebut pada otak, perilaku dan kelenjar prostat pada janin, bayi dan anak-anak.” Ftalat menunjukkan adanya gangguan sistem endokrin dan menyebabkan kelainan pada sistem reproduksi jantan pada hewan. Studi pada manusia telah menemukan hubungan antara paparan phthalate tinggi dan berbagai masalah kesehatan termasuk kualitas sperma yang rendah, lingkar pinggang tinggi dan resistensi insulin.

Para peneliti masih memperdebatkan apakah ftalat dan BPA ini benar-benar menyebabkan masalah kesehatan dan, jika demikian, berapa banyak eksposur yang diperlukan untuk memicu mereka. Sementara masalah ini sedang di coba untuk dipecahkan, beberapa ahli merekomendasikan mengambil pendekatan preventif: “Meminimalisir kontak antara makanan dengan plastik yang mengandung senyawa bermasalah sebagai langkah pencegahan untuk melindungi kesehatan Anda,” saran Rolf Halden, PhD, assisten profesor ilmu kesehatan lingkungan di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. Berikut adalah enam tips sederhana untuk mengurangi ekspos terhadap bahan kimia yang berbahaya dalam plastik.

1. Kenali kode plastik.

Lihatlah pada bagian bawah wadah plastik Anda untuk menemukan simbol daur ulang (nomor antara 1 dan 7 ditutupi dalam segitiga anak panah). kode ini menunjukkan jenis plastik yang Anda gunakan dan dapat memberikan petunjuk penting tentang keselamatan.”Kami biasanya berkata 1, 2, 4 dan 5 dianggap paling aman,” kata Sonya Lunder, analis senior di Lingkungan Kelompok Kerja. Cobalah untuk menghindari penggunaan plastik dengan kode 3 atau sebagai resapan bahan kimia yang dapat berbahaya, 6. Nomor 7 adalah “lainnya” yang termasuk kategori yang mengandung BPA plastik yang disebut polikarbonat. Plastik ini, yang harus Anda hindari, biasanya tertulis PC dibawah angka 7..

2. Kembali microwave.

Panas dapat meningkatkan tingkat di mana bahan kimia seperti resapan BPA dari plastik. Wadah diberi label “microwave aman” telah diuji oleh Food and Drug Administration (FDA) dan ditemukan untuk mencuci jumlah yang sangat kecil, yang FDA telah ditetapkan sebagai aman.

Namun, beberapa ahli menyarankan orang untuk menjaga dari plastik microwave sama sekali. “Aku tidak menggunakan microwave dengan bahan makanan dan plastik di dalamnya,” kata Lunder. “Ini sangat mudah dan cepat untuk memasukkan makanan ke dalam wadah keramik atau wadah kaca dan memanaskannya.” Dan jangan pernah menaruh bungkus plastik di atas makanan dalam microwave, karena dapat mencair. Gunakan kertas lilin atau towel paper.

3. Gunakan sesuai tujuan.

Plastik yang didesain untuk penggunaan tunggal seharusnya hanya digunakan sekali. “Istirahat Plastik turun dari waktu ke waktu,” jelas Lunder. “Beberapa tidak dirancang untuk menahan pemanasan dan pendinginan.” Kebanyakan plastik daur ulang nomor dengan kode 1 dimaksudkan untuk penggunaan tunggal, seperti botol air mineral sekali pakai. Secara umum plastik baik untuk peralatan pendingin sisa makanan, tetapi tidak dirancang untuk pemaparan panas atau penggunaan jangka panjang.

4. Jangan bekukan

Masukkan plastik dalam freezer jika wadah plastik memiliki label aman-freezer. Suhu freezer dapat menyebabkan plastik memburuk, yang meningkatkan pencucian bahan kimia ke dalam makanan ketika Anda mengambil kontainer keluar dari freezer atau panaskan kembali mencair.

5. Jangan panik.

Kurangi pemaparan pada bahan kimia yang berpotensi berbahaya dalam plastik dapat manfaat kesehatan Anda. Tapi seperti Dr Halden mengingatkan kita, “Banyak hal dalam hidup Anda menimbulkan risiko lebih tinggi dibanding pajanan pada plastik, seperti merokok, pola makan yang buruk dan bahkan mengendarai mobil.”

sumber : yahoo.com

artikel lainnya :

  1. Tanaman Penyerap Karbondioksida
  2. Penghamburan makanan
  3. Fakta Kertas
  4. Media Tanam/Pupuk Ampas Kopi dari Starbucks
  5. Cara Mudah Membuat Kompos
  6. Manfaat Pertanian Organik
  7. Penanganan Pemanasan Global
  8. Sebelum Air di Gelas Terakhir Kita Minum

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*