Sosialisasi P3DN

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2009 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Pengadaan Barang/jasa Pemerintah dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/jasa di Pemerintah serta berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 15 tahun 2011 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negri dalam pengadaan barang dan jasa Pemerintah, dihimbau agar masing-masing instansi dilingkungan Pemerintah agar memaksimalkan penggunaan barang/jasa hasil produksi dalam negeri.

 Demikian disampaikan oleh Sekretasris Tim P3DN (Pedoman Penggunaan Produksi Dalam Negeri) Ir Ferry Yahya dari Kementarian Perindustrian RI pada Acara Sosialisasi dan Fasilitasi Pembentukan Tim P3DN kota Kota Banda Aceh di Faviliun Seulawah kawasan Blang Padang Kota Banda Aceh, Selasa (26/7). Acara Sosialisasi yang berlangsung sehari ini di buka Asisten II Bidang Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Banda Aceh Drs Ramli Rasyid M Si, dan diikuti 50-an perwakilan SKPD dilingkungan Pemko Banda Aceh.

Lebih lanjut Ferry Yahya mengatakan, dalam upaya memaksimalkan kebijakan penggunaan barang/jasa hasil produksi dalam negeri serta penyedia barang/jasa Tim Nasional P3DN mempunyai tugas antara lain merumuskan dan menyiapkan kebijakan, strategi dan program untuk mengoptimalkan penggunaan barang /jasa hasil produksi dalam negeri dan penyedia barang/jasa nasional dalam pengadaan barang/jasa pemerintah serta Menetapkan langkah-langkah strategi dalam rangka penyelesaian permasalahan yang menghambat pelaksanaan Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2009 itu.

 Sementara itu Ramli Rasyid dalam pidatonya saat membuka acara mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini. ”Kegiatan sosialisasi ini sangat baik dilaksanakan khususnya untuk meningkatkan kesadaran kita untuk mencintai produk negeri sendiri yang memang tidak kalah kualitasnya dari produk luar” Kata mantan Kadisbudpar Banda Aceh tersebut.

Ditambahkannya lagi, tugas kita sekarang adalah bagaimana kita mampu mendorong masyarakat kita agar memiliki rasa cinta produk tanah air. “ saya pikir ini jadi tugas kita semua yang hadir di sini, dan saya yakin ini akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi daerah kita” ujarnya. Untuk menindaklanjuti program ini, Ramli Rasyid menyarankan agar Instansi Pemerintah harus memulai program ini di lingkungannya dulu, “ Minimal pengadaan barang dan jasa di kantor-kantor pemerintah harus menggunakan produk lokal ” ajaknya.

 Sosialisai ini terlaksana atas kerjasama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banda Aceh dengan kementrian Perindustrian. Tujuan dari acara ini adalah untuk membentuk Tim P3DN di Kota Banda Aceh.

sumber : Humas Setda Kota Banda Aceh/MKK

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*