Isu Gempa di Aceh ?

SERAMBI/BUDI FATRIA | Dok Litbang
Petugas pemantau gempa memeriksa alat pendeteksi gempa di UPT Stasion Pusat Gempa Mata Ie, Aceh Besar, Selasa (11/5). BMKG mengatakan pasca gempa bumi pada Minggu (9/5) masih terjadi gempa susulan namun dengan intensitas kecil menghimbau agar masyarakat tidak panik dengan gempa susulan.

Isu yang beredar melalui layanan pesan singkat (SMS) di masyarakat bahwa akan terjadi gempa bumi 12 skala Richer (SR) di sekitar Pulau Sumatera adalah tidak benar. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada.

Demikian siaran pers bersama Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) bersama Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana (TDMRC) Universitas Syiah Kuala, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, I katan Ahli Geologi Indonesia ( IAGI) Aceh, Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Aceh, Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia(MPBI), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI ), dan TAGANA, yang diterima Kompas, Kamis (26/4).

Hal yang perlu dilakukan masyarakat saat ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kebencanaan , seperti gempa bumi, tsunami, banjir, dan longsor. Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan arahan yang diberikan sumber resmi seperti BMKG, BPBA, dan BPBD kabupaten dan kota, dan pemerintah daerah tanpa perlu panik atau khawatir berlebihan.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dipersilahkan menghubungi BPBD Aceh dengan telepon 0651-21265 atau ke BMKG Aceh dengan telepom 0651-4 2840.

sumber : http://aceh.tribunnews.com/

Hindari pantai bila merasakan getaran gempa.

terkait :

1. Mengapa gempa sulit diramalkan

2. Main Shock itulah warningnya

3. Apakah gempa 2012 ini terpicu atau akan memicu ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*