Aceh Raih Harapan 2 Gelar TTG Nasional

ttg padangBANDA ACEH – Dari enam teknologi tepat guna (TTG) yang diikutkan delegasi Aceh dalam Gelar TTG Nasional XV Tahun 2013 di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), hanya satu yang mendapat kejuaraan, yakni teknologi Reaktor Fast-Pyrolysis Biomassa Penghasil Bio-oil karya Dr Ir Izarul Machdar MEng. Prestasi dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh itu menempatkan Aceh sebagai juara harapan 2 Gelar TTG Nasional tahun ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh, Drs Zulkifli Hs MM kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (1/10) siang, mengatakan patut bersyukur karena pada Gelar TTG Nasional tahun ini Aceh masuk dalam kategori enam besar. Prestasi ini setara dengan yang dicapai Aceh pada Gelar TTG Nasional XIII di  Sulawesi Tenggara tahun 2011.

Namun, pada tahun 2002 di Sumatera Utara, delegasi Aceh pernah meraih juara II tingkat nasional, bahkan juara I saat TTG Nasional digelar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2010. “Ke depan kita berharap Aceh bisa meraih peringkat yang lebih baik lagi,” kata Zulkifli didampingi stafnya yang mengurusi Gelar TTG, Fachrur Razi SP.

Menurut Zulkifli, Aceh diumumkan meraih juara harapan II dalam Gelar TTG di Padang tersebut pada 30 September 2013, menjelang ajang nasional itu ditutup resmi oleh Gubernur Sumbar. Sebelumnya acara yang berlangsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) H Agus Salim Kota Padang sejak 26 September itu dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Acara tersebut diselenggarakan tiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masayarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan pemerintah provinsi setempat.

Adapun tim penilainya terdiri atas Kemenristek, Balitbang Pertanian Kementerian Pertanian, LIPI, BPPT, Ditjen PMD, dan Universitas Nasional (Unas) Jakarta.

Zulkifli menambahkan, berdasarkan Hasil Rapat Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang diselenggarakan tanggal 27 September di Hotel Grand Inna Muara Kota Padang ditetapkan bahwa Aceh dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Gelar TTG Nasional XVII tahun 2015. “Kita nyatakan bahwa Aceh siap menjadi tuan rumah even nasional tersebut,” demikian Zulkifli. (dik)

http://aceh.tribunnews.com

catatan : dari BPM Kota Banda Aceh acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPM Kota Banda Aceh (Drs. Rizha, MM) danKabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Burhanuddin, SE)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*