Jambore Kader PKK 2015

dengan ibu gub 2BANDA ACEH – TP PKK Provinsi Aceh melaksanakan Jambore kader PKK se Aceh pada tanggal 6-10 Juni 2015 di Taman Shultanah Shafiatuddin, Banda Aceh.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, Hj NiazahA Hamid  mengatakan jambore kader PKK itu dihadiri oleh 345 penggerak PKK dari seluruh Aceh. Ummi Niazah mengatakan, pemilihan lokasi Jambore Kader PKK 2015 di Taman Shultanah Shafiatuddin sebagai upaya menjadikan lokasi tersebut sebagai objek wisata seni kerajinan dan wisata kuliner khas kabupaten/kota se-Aceh “Kami harapkan ke depan, Taman Shultanah Shafiatuddin ini menjadi sentral pasar seni, kerajinan dan wisata kuliner. Upaya ini untuk menghidupkan kembali lokasi yang aktif saat pagelaran PKA saja,” ujar Niazah A Hamid.

Menurut Ummi Niazah, Jambore PKK merupakan agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun. Bagi Aceh, ini Jambore PKK yang kedua, setelah sukses menggelar Jambore pertama pada tahun 2012. “Jambore tahun ini, kami bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang mengintegrasikan kegiatan Festival Culiner Aceh. Dinas Perikanan dan Kelautan juga berpartisipasi dalam lomba Inovasi Masakan Hasil Laut,” jelas, Niazah A Hamid.

Ia menyebutkan, selama Jambore berlangsung ada beberapa lomba ini yang akan dilaksanakan, yaitu; penyuluhan 10 program pokok PKK bagi Ketua Tim Penggerak PKK Gampong, penyuluhan pembinaan akhlaqul karimah melalui 10 program pokok PKK, penyuluhan BKB (3-4) tahun menjadi orang tua hebat, lomba desain pakaian kembaran daerah berbahan dasar lokal, dan lomba cerdas- cermat kader posyandu.

Selain lomba-lomba ini tersebut, lanjut Ummi Niazah, pihaknya akan melaksanakan beberapa lomba gembira yaitu; lomba defile/ parade peserta, lomba pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba yel-yel 10 program pokok PKK, lomba rangking satu, dan lomba kerjasama team.

Agenda lain dalam Jambore selain lomba-lomba tersebut adalah pelaksanaan Zikir Akbar oleh 1.500 peserta, termasuk Jambore pada tanggal 9 Juni 2015, kegiatan ini bekerja sama dengan MPU Aceh. “Harapan kami, berbagai kegiatan di ajang Jambore PKK 2015 dapat menumbuhkan semangat kebersamaan, meningkatkan partisipasi masyarakat dan da[at memeriahkan pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga,” demikian Ummi Niazah A Hamid.

http://aceh.tribunnews.com