Pelantikan Keuchik Gp. Cot Mesjid

Banda Aceh, . Yusniar dilantik sebagai Keuchik (kepala desa) Cot Masjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Sabtu (26/3/2016). Dia merupakan keuchik perempuan pertama yang memenangkan pemilihan keuchik langsung (Pilchiksung) di Banda Aceh.

Pelantikan dan pengambilan sumpah keuchik perempuan ini, dilakukan Camat Lueng Bata, Iqbal Rokan SSTP di Masjid Al-A’la, Gampong setempat.

Pelantikan juga disaksikan langsung Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Turut hadir pula tokoh masyarakat Lueng Bata, H Harun Keuchik Leumik, tokoh gampong serta ratusan masyarakat Cot Masjid.

Yusniar terpilih sebagai keuchik setelah memenangkan Pilchiksung di Gampong Cot Masjid pada Oktober 2015.

Dalam pemilihan ketika itu, Yusniar unggul atas pesaingnya, Zufran Haji Ibrahim dan Khairul Ichwani. Selama ini, dia dikenal sebagai tokoh perempuan di gampong setempat dan dikenal cukup menggeluti lingkungan sosial kemasyarakatan.

“Kemenangan itu diluar dugaan karena selama ini dia hanya akrab di kalangan ibu-ibu,” kata Camat Luengbata, Iqbal Rokan.

Dikatakannya, Yusniar merupakan istri keuchik Cot Masjid sebelumnya, Bakhtiar Ali. Sebelum terpilih, perempuan tersebut juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Gampong Cot Masjid saat mendampingi suami.

“Ketika masa jabatan sang suami berakhir, Yusniar maju sebagai calon keuchik dan dipercayakan masyarakat setempat dengan meraih suara terbanyak dalam pilchiksung. Yusniar akan memimpin Cot Masjid hingga enam tahun ke depan,” kata Iqbal Rokan. (bei/irn)

http://harian.analisadaily.com/