Pengukuham Imuem Mukim Lam Ara dan Banda Jaya

Banda Aceh – Camat Kecamatan Banda Raya, Maswani S Stp, Rabu (28/9/2016) mengukuhkan Imum Mukim Lam Ara Bukhari M Ali S Ag dan Imum Mukim Banda Jaya, Abdul Hamid Husen di Aula Kantor Camat Banda Raya Banda Aceh. Pengukuhan kedua Imum Mukim ini disaksikan langsung oleh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah S Kom, Ketua Frkasi FKS-Gerindra DPRK Banda Aceh, Irwansyah ST, para Keuchik dalam Kecamatan Banda Raya serta para tokoh masyarakat setempat.

Maswani menyampaikan, kedua Imum Mukim yang baru saja dikukuhkan merupakan hasil pemilihan dari panitia yang dibentuk beberapa bulan yang lalu. Katanya, Imum Mukim Lam Ara akan membawahi enam Gampong, yakni Lampeuot, Lam Ara, Mibo, Lhong Cut, Lhong Raya dan Peunyeurat. Sedangkan Imum Mukim Banda Jaya akan membawahi empat Gampong, Geuceu Kayee Jato, Lam Lagang, Geuceu Inem dan Geuceu Komplek.

Imum Mukim Lam Ara, Bukhari M Ali menggantikan Imum Mukim lama Tgk Zainu Muhammad yang sudah habis masa jabatan. Sementara Abdul Hamid Husen menggantikan Imum Mukim Banda Jaya yang lama, Ir Hamdani Ynus M Sc yang juga habis masa jabatan. Penunjukan dan pengukuhan kedua Bukhari M Ali sebagai Imum Mukim Lam Ara ditetapkan melalui SK Walikota Banda Aceh, Nomor 324 Tahun 2016. Sementara penunjukan dan pengukuhan Abdul Hamid Husen sebagai Imum Mukim Banda Jaya ditetapkan dengan SK Walikota Nomor 297 Tahun 2016.

Illiza: Pemko Komit Perkuat Lembaga Mukim

Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE saat memberikan sambutannya usai pengukuhan Bukhari M Ali dan Abdul Hamid Husen menyampaikan Pemko Banda Aceh, baik Eksekutif maupun Legislatif berkomitmen memperkuat kehadiran Lembaga Mukim.

Penguatan Lembaga ini, lanjut Illiza dilakukan agar Semua bidang seperti Budaya dan Adat Istiadat di Gampong-gampong bisa berjalan dengan baik.

“Pemerintah Kota, Eksekutif dan Legislatif sama-sama komit memperkuat Lembaga Mukim ini. Ini hanya ada di Aceh, di daerah lain tidak ada,” ujar Illiza.

Dalam kesempatan tersebut, Illiza juga berpesan agar Imum Mukim dapat membangun kekompakan dalam masyarakat dan mampu menghidupkan syiar Islam di Gampong-gampong.

“Kita kembalikan lagi marwah kita dengan Islam. Kita ingin raih kejayaan dengan Islam. Ini sesuai dengan misi kita menjadikan Banda Aceh sebagai kota Madani,” tambah Illiza.

Di akhir sambutannya, dengan pengukuhan dua Imum Mukim tersebut, Illiza berharap akan menambah semangat para Keuchik dalam menjalankan program-programnya di Gampong. (mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id