TP PKK Banda Aceh Komit Indonesia Bebas TB 2030

Banda Aceh – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh Nurmiaty AR menggelar seminar untuk TP PKK Gampong di Kota Banda Aceh sebagai bentuk komitmen mendukung Indonesia bebas tuberculosis (TBC) 2030.

Dalam seminar yang digelar pada Rabu (28/09/2019) di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh tersebut Nurmiaty mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengenal betul gejala dan dampak dari penyakit TBC ini.

“Pada kesempatan ini saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berperan aktif dalam gerakan TOSS TB (Temukan, Obati Sampai Sembuh) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian TB,” ujarnya.

Menurut Nurmiaty TB bukan hanya ancaman terhadap kesehatan fisik seseorang, akan tetapi juga merupakan ancaman untuk cita-cita pembangunan di suatu daerah terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Maka dari itu perang terhadap TB juga merupakan perang terhadap kemiskinan, ketidakproduktifan, dan kelemahan akibat TB.”

Dalam kegiatan tersebut pula Nurmiaty mengharapkan para peserta dapat serius untuk menerima setiap materi yang disampaikan.

“Saya harap para peserta dapat serius dalam menerima setiap materi nantinya dan jangan lupa untuk disampaikan kepada saudara yang lain, itu semua merupakan komitmen kita bersama untuk membangun kota yang lebih baik,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Rahmawati, kegiatan tersebut diikuti oleh 60 peserta dari enam kecamatan yang terdapat laporan masyarakatnya terjangkit TBC.

“Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta dari enam kecamatan di Kota Banda Aceh yang mendapat laporan bahwa masyarakatnya terjangkit penyakit TBC,” ujarnya.

“Dengan itu kami menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh drg. Supriady, dr. Dewi Behtri Yanifitri yang semoga materinya nanti dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta,” ujarnya lagi. (Lia)https://bandaacehkota.go.id