Wali Kota Sidak Penerapan Prokes di PLTD Apung

Banda Aceh – Kota Banda Aceh menjadi salah satu kota tujuan destinasi wisata masyarakat Aceh ketika masa libur tiba. Salah satunya situs tsunami monumen PLTD Apung yang menjadi spot favorit wisatawan, sehingga Pemerintah Kota terus mengawal penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di objek wisata tersebut.

Hal itu terlihat ketika Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman melakukan inspeksi mendadak penerapan prokes covid-19 di objek wisata situs tsunami PLTD Apung, Punge Blang Cut, Minggu (3/1/2021).

Mengenakan kemeja hitam lengan panjang bermotif, Wali Kota didampingi Asisten Pemerintahan Faisal, Kadis Kesehatan Lukman, Plt Kepala Satpol-PP Heru, Kalak BPBD Rizal Abdillah, Kabag Humas Said Fauzan melakukan pemantauan ke setiap sudut situs tsunami tersebut.

Wali Kota mengatakan sidak ini kita lakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir resiko penularan corona. Pemerintah Kota Banda Aceh meminta pengelola objek pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 

“Kita terus mengimbau pengunjung untuk tetap memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, saya tidak ingin kebahagiaan dalam mengisi waktu libur akhir tahun justru menjadi klaster baru penyebaran covid-19,”ungkapnya.

Wali Kota juga mengintruksikan kepada pengelola objek wisata dan Dinas terkait untuk menyediakan tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh dan menempatkan petugas di area keramaian.

“Sejauh ini kita melihat seluruh pengunjung sudah mematuhi prokes dengan memakai masker dan para petugas juga sudah memberikan kemudahan kepada wisatawan yang datang dengan menempatkan tempat cuci tangan,” ungkapnya.

Setelah memantau PLTD Apung, wali kota juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan para pedagang dan berbelanja di outlet PLTD Apung yang menjual produk UMKM. Sebagian pedagang mengatakan pendapatan bertambah dengan dibukanya kembali objek wisata tersebut. (AY)

https://bandaacehkota.go.id