Pelantikan Pengurus ISSI Kota Banda Aceh

Aminullah Optimis Dipimpin Zainal Arifin Akan Maju

Banda Aceh – “Jalan Jalan ke Sungai Woyla,
Jangan Lupa Naik Perahu,
Bu Darwati Sudah Lantik ISSI Kota,
Dipimpin Pak Zainal Pasti Akan Maju,’ begitu isi pantun Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat menghadiri pelantikan pengurus ISSI Kota Banda Aceh masa bakti 2020-2024, Rabu (20/1/2021) malam di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh.

Pantun tersebut dibacakan Wali Kota Aminullah saat memberikan sambutan pada acara pelantikan pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Banda Aceh oleh Ketum Pengprov ISSI Aceh, Darwati A Gani.

ISSI Kota Banda Aceh sendiri dipimpin Wakil Wali Kota Zainal Arifin sebagai Ketua Umum.

Pantun tersebut menunjukkan rasa optimis Aminullah, dimana Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Wakil Wali Kota Zainal Arifin sebagai Ketua Umum akan mengalami kemajuan dan mengukir prestasi.

Mantan Dirut Bank Aceh ini kemudian memastikan dirinya dan Pemko Banda Aceh mendukung penuh setiap program-program ISSI kedepan.

Lanjut wali kota, sebagai kota dagang dan kota wisata, olahraga menjadi bagian penting dalam menjadikan Banda Aceh sebagai daerah tujuan.
“Olahraga, apapun cabangnya termasuk ISSI punya keterkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Karena ketika ada event akan memberikan multiflier effect bagi masyarakat. Setiap atlit baik ketika berlatih maupun bertanding pasti butuh konsumsi, membeli minum dan makanan. Kemudian yang dari luar kota pasti membelanjakan uang untuk penginapan, transportasi hingga oleh-oleh. Disini ekonomi masyarakat kota akan tumbuh,” ungkap wali kota yang juga Ketum MES Aceh ini.

Selain itu, lanjutnya, sepeda juga bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga kebugaran, apalagi di tengah pandemi olahraga perlu untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.
“Yang penting apapun kegiatan yang kita gelar, tetap harus patuhi prokes sesuai Perwal 51. Sejak Perwal itu keluar, Alhamdulillah penyebaran covid-19 mampu kita tekan,” ujarnya seraya mengatakan akan mulai bersepeda lagi yang selama ini jarang ia lakukan karena sering bermain dan bertanding tenis.

Sementara itu, usai pelantikan Zainal Arifin mengatakan menjadi Ketum ISSI merupakan hal baru bagi dirinya memimpin organisasi olahraga. Namun ia merasa bersemangat karena dikelilingi oleh orang-orang yang telah berpengalaman di olahraga sepeda.
“Saya berharap para pengurus kompak dan terus memberikan dukungan agar bisa membawa ISSI berprestasi. Program kita kedepan mencarikan atlit-atlit berbakat untuk dipersiapkan ke PORA, karena sudah dua edisi PORA kita tidak mengirimkan atlit,” ujarnya.

Terkait program pembinaan, sosok yang akrab disapa Chek Zainal ini mewacanakan ISSI akan terjun ke sekolah-sekolah untuk menyasar talenta-talenta muda.
“Kita turun ke SD sederajat, kita pantau bakat dan kemudian kita rekrut, karena pembinaan akan lebih bagus dilakukan sejak usia dini,” ungkapnya.

Ia pun meminta kepada wali kota dan Ketum Pengprov ISSI Provinsi Darwati A Ganibmemberikan masukan dan arahan agar ISSI Kota Banda Aceh bisa lebih maju, apalagi wali kota yang dinilainya memiliki segudang pengalaman memimpin banyak organisasi olahraga.

Rasa optimis juga disampaikan Darwati A Gani. Ia mengapresiasi komitmen kuat Chek Zainal usai terpilih sebagai Ketum ISSI Kota Banda Aceh.

“Komitmen kuat Pak Zainal dan bersedia jadi Ketum. Kemudian diisi oleh anak-anak muda dari klub dan komunitas, saya yakin pembinaan di Banda Aceh akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Ia pun berharap ISSI Banda Aceh menjadi barometer pembinaan atlit sepeda di Aceh.

“Kita miliki tantangan mengingat Aceh jadi tuan rumah PON 2024 bersama Sumut. Kita harus sukses, baik sebagai penyelenggara maupun prestasi. ISSI juga menargetkan medali emas PON 2024,” kata Darwati.[]

https://bandaacehkota.go.id