Sekda Kota Buka FGD Penyusunan Publikasi Banda Aceh Dalam Angka 2021

“OPD Diharapkan Berikan Data Valid”

Banda Aceh –  Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh Amiruddin SE, M.Si membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kota Banda Aceh Dalam Angka Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh di Aula Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, Rabu (17/2/21).

Kegiatan yang dihadiri oleh para operator di setiap OPD di Kota Banda Aceh ini berlangsung dengan tetap menjaga protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3M.

Dalam sambutannya, Amiruddin berharap kepada para operator agar memberikan data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Tolong dimanfaatkan forum ini sehingga setiap data yang kita hasilkan benar-benar data valid dan dapat dipertanggung jawabkan. OPD adalah sebagai produsen data sedangkan BPS adalah pembina data, Kominfo sebagai wali data dan Bappeda sebagai pengelola data,” terang Amiruddin.

Sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Amiruddin menyampaikan bahwa data-data pada publikasi Kota Banda Aceh Dalam Angka menjadi rujukan utama setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam menyusun perencanaan, anggaran, kemudian membuat kebijakan hingga mengeksekusi kebijakan tersebut untuk hasil yang efektif.

“Selain konsolidasi data publikasi Kota Banda Aceh Dalam Angka, kegiatan hari ini juga akan mencakup penyampaian materi Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terintegrasi (SIMDASI) serta Metadata dan Rekomendasi Statistik. Apa yang kita laksanakan hari ini masih merupakan satu rangkaian implementasi Perpres Satu Data Indonesia,” kata sekda Amiruddin.

Kegiatan sinkronisasi data ini nantinya akan dimasukkan ke dalam buku ‘Banda Aceh Dalam Angka”. Data tersebut bersumber dari  65 OPD terkait di Kota Banda Aceh.

Turut hadir Kepala BPS Kota Banda Aceh Rusmadi, SE, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Fadhil, S.Sos, MM dan Kepala Bappeda Kota Banda Aceh Wery, SE, MA.

Kepala BPS Kota Banda Aceh Rusmadi, SE mengatakan bahwa jika data sudah lengkap, maka  ‘Banda Aceh Dalam Angka’ akan segera dirilis.

“Masih ada OPD yang belum memberikan print, kita tunggu dalam satu minggu. Pada 26 Februari 2021, Insyaallah ‘Banda Aceh Dalam Angka’ bisa rilis dengan sempurna,” ungkapnya. (Mer)