Wali Kota Terima Laporan Pertanggungjawaban Direksi Mahirah

LKMS Mahirah 2021 Mulai Sumbang PAD

Banda Aceh – Per Desember 2020, Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah Syariah (MMS) mencatatkan kinerja positif. Bank mikro milik Pemko Banda Aceh ini bahkan masih bisa mencatatkan keuntungan meski sedang di masa kelesuan ekonomi karena pandemi Covid-19 dan mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (24/3/2021) di Balai Kota.

Rapat ini dihadiri langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP), Komisaris Utama Ir Bahagia dan jajaran Dewan Pengawas.

Rapat ini dihadiri langsung Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman selaku Pemegang Saham Pengendali (PSP), Komisaris Utama Ir Bahagia dan jajaran Dewan Pengawas. Hadir juga Komisaris M Daud, Ketua Dewan Pengawas (DPS) Ahmad Nizam dan anggota DPS Tgk Umar Rafsanjani.

Dalam RUPS ini, disebutkan MMS yang didirikan Mei 2018 lalu, diusianya yang menginjak sekitar 3 tahun sudah memiliki aset sebesar Rp38.269.016.632. angka ini jauh meningkat jika dibandingkan aset awal yang hanya Rp1,5 M saat lembaga ini dibentuk.

Dari laporan Hanansyah kepada wali kota dalam RUPS, meski masih berusia sekitar 2 tahun 9 bulan, Mahirah terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hal itu ditandai dengan terus meningkatnya Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun. Untuk tahun 2020, DPK sudah berada di angka Rp33.299.369.176 atau meningkat 130% dari yang diproyeksikan pihak direksi.

Sektor pembiayaan, pada tahun 2020 Mahirah Muamalah mengucurkan hingga Rp18.482.783.413.
“Bahkan hingga saat ini sudah menyentuh angka Sekitar Rp21 M yang dikucurkan kepada masyarakat kecil sebagai modal usaha. Itu meliputi sektor perdagangan, perikanan dan peternakan seperti untuk pedagang kaki lima hingga penjual ikan keliling,” ungkap Hanansyah.

Usai mendapatkan laporan pertanggungjawaban dari direksi, wali kota menyatakan menerima laporan tersebut.

Kinerja positif Mahirah mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Aminullah.

Aminullah dalam kapasitasnya sebagai Pemegang Saham Pengendali kemudian menyampaikan sejumlah pesan dan arahan agar lembaga keuangan ini bisa terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitas yang kemudian mampu mendorong kesejahteraan pelaku usaha kecil di ‘Kota Gemilang’.

“Saya pikir kita tidak cepat puas, perlu terus berinovasi dengan produk-produk baru agar Mahirah bisa terus berkontribusi bagi pergerakan ekonomi masyarakat kecil,” pinta mantan Dirut Bank Aceh dua periode ini.

Ia kemudian mencontohkan Propamen, produk Mahirah yang diluncurkan tahun lalu menjadi sebuah inovasi bagus, dimana dengan program tersebut mampu mendorong para pemuda menjadi pengusaha.
“Terus berinovasi, seperti Propamen. Produk ini sangat bagus. Saya harap akan lahir produk-produk serupa dalam rangka mendorong jiwa usaha masyarakat,” pinta Aminullah yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah Provinsi Aceh ini.[]