Pengukuhan Bunda PAUD se Kecamatan Banda Raya

Banda Aceh – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Banda Aceh Nurmiati menandatangani Surat Keputusan (SK) pengukuhan Bunda PAUD Gampong se Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh di Aula Fatih Bilingual School Banda Aceh, Selasa (2/11/2021).

Pengukuhan dilakukan oleh Bunda PAUD kecamatan Rosni Darwis, serta disaksikan Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh, Tati Meutia Asmara, Kadis Pendidikan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri, Camat Kecamatan Banda Raya Faidian Faisal, Perwakilan Himpaudi Kecamatan, perwakilan kepala sekolah, beserta unsur muspika Banda Raya.

Nurmiati dalam sambutannya mengatakan atas nama Bunda PAUD Kota Banda Aceh mengucapkan Selamat kepada seluruh Bunda Paud Gampong se-Kecamatan Banda Raya yang hari ini telah di kukuhkan.

“Seperti kita ketahui, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu wadah bermain dan belajar bagi anak-anak. Dalam proses pendidikan PAUD, anak-anak akan dididik serta dibantu untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi dan kreatifitasnya sejak dini,” kata Nurmiati.

Oleh karena itu, Nurmiati menilai keberadaan PAUD di tiap-tiap gampong sangatlah penting, untuk memastikan agar seluruh anak di Kota Banda Aceh mendapat layanan pendidikan yang layak pada saat usia emas mereka.

“Peran kita di sini sebagai Bunda PAUD yaitu membuat program kerja. Dengan adanya program tersebut, dapat membantu Satuan PAUD dalam membina Pendidik dan tenaga Kependidikan sehingga anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang taqwa, cerdas dan terampil,” ungkapnya.

Disamping itu, Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak hanya dilakukan oleh satu Instansi saja, melainkan merupakan kolaborasi antar berbagai Instansi dan masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pada saat ini angka partisipasi pendidikan anak usia dini masih rendah, terlebih dalam 2 tahun terakhir ini akibat pandemi Covid-19 dimana tidak ada lagi proses pembelajaran tatap muka,” jelasnya Bunda PAUD Kota itu.

Untuk itu, kata Nurmiati dibutuhkannya peran bersama, khususnya Bunda PAUD Gampong agar dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini pra sekolah.

“Kami berharap, dengan telah dikukuhkannya Bunda PAUD Gampong se-Kecamatan Banda Raya ini, maka Bunda PAUD gampong mempunyai tugas dan peran untuk dapat terus berperan aktif serta memberikan ide-ide dalam menjalankan program yang telah direncanakan, sehingga terbentuk PAUD yang berkualitas di seluruh gampong di Kota Banda Aceh,” imbuhnya.

Adapun Bunda PAUD se-Kecamatan Banda Raya yang di kukuhkan hari ini sebanyak 10 orang yaitu:

1. Bunda PAUD Gampong Geceu Inem, Bunda Ida Kridawati
2. Bunda PAUD Gampong Geuceu Komplek, Bunda Asniar
3. Bunda PAUD Gampong Lampeuot, Bunda Ida Yani
4. Bunda PAUD Gampong lamlagang Bunda Bismilaini
5. Bunda PAUD Gampong Mibo, Bunda Meriana
6. Bunda PAUD Gampong Lhong Cut, Bunda Rosdiana
7. Bunda PAUD Gampong Lhong Raya, Bunda Yulidar
8. Bunda PAUD Gampong Lam Ara, Bunda Dra Yauhari A
9. Bunda PAUD Gampong Peunyerat, Bunda Raudah
10. Bunda PAUD Gampong Geceu Kayee Jato, Bunda Fariatna. (Mer)