Launching RGG di Gampong Lhong Raya

Banda Aceh – Guna percepatan pencegahan dan penanganan stunting di Kota Banda Aceh, (Kamis, 11 November 2021) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banda Aceh kembali me-launching Rumah Gizi Gampong (RGG).

Bertempat di Gampong Lhong Raya Kecamatan Banda Raya, Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga Kota Banda Aceh Nurmiati resmi me-launching RRG tersebut. Turut dihadiri Camat Banda Raya Faidian Faisal, Keuchik Gampong Lhong Raya Zulfikri, Unsur Muspika Kecamatan Banda Raya, Tim PKK Kecamatan dan Gampong Lhong Raya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Nurmiati mengucapkan terimasih kepada seluruh perangkat gampong dan tim yang telah bekerja keras sehingga RRG di Gampong Lhong Raya dapat terwujud, dan juga menjadi kecamatan satu-satunya yang telah membuat RGG di setiap Gampong. “RGG ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirin dalam penanganan stunting di Gampong,” ucapnya.

Nurmiati pun memberikan apresiasi kepada Camat, Keuchik dan seluruh Tim PKK Kecamatan dan Gampong Lhong Raya, yang sudah berhasil membentuk RGG tersebut. “Semoga RGG ini mampu menekan stunting di Banda Aceh, khususnya di Gampong Lhong Raya,” katanya.

Nurmiati mengingatkan pentingnya pemenuhan gizi dasar yaitu; pemenuhan gizi pada masa kehamilan bagi ibu hamil, dan balita. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan adanya kolaborasi dari semua pihak dalam pencegahan stunting.

“Program penanganan stunting menjadi prioritas negara saat ini, dari tingkat daerah dan gampong-gampong. Di Aceh sendiri sudah memiliki Perwal terkait pencegahan dan penangan stunting,” jelasnya.

Kata Nurmiati, kehadiran RGG di Gampung diharapkan manpu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu ada beberapa cara yang harus dilakukan masyarakat saat ini yaitu; Kepada orang tua harus rutin membawa bayi ke posyandu, dan kepada Tim PKK gencar mensosialisasikan terkait makanan bergizi.

“Kita semua harus mengajak orang tua atau masyarakat untuk memprioritaskan pemenuhan gizi kepada anak-anak dan ibu hamil, sebab perkembangan anak di mulai dari dalam kandungan,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Keuchik Gampong Lhong Raya Zulfikri mengatan, pihaknya sangat bahagia karena hajatnya untuk membuat RGG di Gampong Lhong Raya terwujud. “Terimakasi kepada ibu wali yang sudah datang, dan me-launching RGG di Gampong kami,” kata Zulfikri. (Mer)

https://bandaacehkota.go.id