Bimbingan tehnik Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Gampong Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Banda Aceh Nurmiati mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif merupakan penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan kesehatan dan gizi, perlindungan, pendidikan, pengasuhan, serta kesejahteraan.

Hal tersebut disampaikan Nurmiati dalam acara Bimbingan tehnik Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Gampong Kota Banda Aceh (Kelompok Kerja Bunda PAUD Kota Banda Aceh). Acara berlangsung di Aula Telkomdik Kota Banda Aceh (Rabu, 18 November 2021).

Turut hadir, Ketua Himpaudi Provinsi Aceh Nina Afrianti, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Wardiati, Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kota Muhammad, seluruh Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Gampong, dan para narasumber lainnya.

“Untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak tersebut, perlu dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat,” ungkapnya.

Sebab itu, Nurmiati mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Bimtek yang dilaksanakan hari ini, dengan melibatkan Bunda PAUD Gampong untuk meningkatkan PAUD berkualitas digampong masing-masing.

“Seperti yang tersebut pada Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhi Holistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini,” jelasnya.

Melalui kegiatan BIMTEK ini, Nurmiati berharap dapat meningkatkan peran dan kualitas Bunda PAUD di setiap gampong yang ada di Kota Banda. “Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia,” kata Ketua TP PKK itu.

Kepada peserta, Nurmiati berharap agar dapat0 berlatih dengan tekun, teliti, sabar dan tetap serius dalam menerima arahan dan petunjuk teknis yang diberikan oleh Narasumber sehingga hasilnya akan terbentuknya PAUD berkualitas, sesuai harapan atau visi Kota Banda Aceh yaitu terwujudnya Kota Gemilang. (Mer)

https://bandaacehkota.go.id