Ketua PKK Kota Bina Lomba Gammawar Gampong Sukaramai

Nurmiati: Motivasi Menjadikan Keluarga-keluarga di Banda Aceh Lebih Sejahtera

Banda Aceh – Lomba Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) yang di selenggarakan setiap tahunnya bukan hanya sekedar ingin meraih juara, tetapi untuk menjadikan keluarga-keluarga yang ada di Kota Banda Aceh lebih sejahtera lewat 10 program-program PKK.

Begitu di sampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Banda Aceh, Hj Nurmiati AR saat monitoring sekaligus membina Lomba Gampong Mawaddah Warahmah (Gammawar) di Kantor PKK Gampong Sukaramai, kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh Selasa (15/2/2022).

“Dengan adanya program-program PKK ini, kita harapkan pengurus PKK Gampong dapat membina keluarga-keluarga yang ada di gampongnya. Sehingga keluarga-keluarga di gampong lebih sejahtera,” kata Nurmiati.

Ia menyebutkan, ada beberapa poin penting dalam 10 Program Pokok PKK yang menjadi prioritas yaitu; tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, usaha peningkatan pendapatan keluarga, amalkan dan kukuhkan halaman, asri teratur, indah dan nyaman, dan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.

“10 Program Pokok PKK tersebut harus disosialisasikan pada setiap keluarga di gampong. Ini menjadi tugas kita bersama,” ujarnya.

“Setelah menyosialisasikan serta menjalankan program, yang terpenting adalah mendokumentasikan seluruh kegiatan yang sudah dilakukan. Seperti membuat laporan harian, baik itu laporan keuangan dan laporan lainnya, serta foto-foto untuk menjadi bahan dokumentasi,” katanya.

Dengan adanya pencatatan laporan-laporan atau dokumentasi, maka hal tersebut akan menjadi bahan rujukan untuk melaksanakan kegiatan lainnya. “Jadi laporan-laporan tersebut berfungsi untuk kita jadikan sebagai bahan perbandingan antara kegiatan-kegiatan yang sudah kita laksanakan. Apakah semakin bagus atau sebaliknya,” ucap Nurmiati.

Saat monitoring sekaligus bina gampong Gammawar tersebut, turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kota Fauziah, Ketua Pokja 4 PKK Kota Wardiati Amruddin, dan para pengurus PKK kota, PKK Kecamatan, serta pengurus PKK Gampong Sukaramai.(Mer)