Sambut Rombongan Dekranasda Aceh, Dekranasda Banda Aceh Pamer Hasil Kerajinan Gampong Sukaramai

Banda Aceh – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh, Nurmiati, mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilaian Gampong Kerajinan Dekranasda Aceh, di Gampong Sukaramai Kecamatan Baiturrahman.

Hal tersebut disampaikan Nurmiati, saat menyambut rombongan Tim Penilai Desa Kerajinan dari Dekranasda Aceh, di Gampong Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman (Rabu, 30 Maret 2022).

Turut hadir Wakil Ketua Dekranasda Kota Fauziah beserta pengurus Dekranasda Kota, Keuchik Gampong Sukaramai, Dharma Sentosa, beserta unsur muspika lainnya.

“Kami berharap, dengan kehadiran Tim Penilai pada hari ini, akan semakin memotivasi masyarakat gampong untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam menghasilkan karya-karya kerajinan, yang dapat diterima oleh pasar,” ungkapnya.

Sebagaimana di ketahui Gampong Sukaramai ditetapkan sebagai gampong kerajinan pada tahun 2019, gampong ini berhasil terpilih sebagai gampong kerajinan, setelah menyisihkan 8 gampong dari 9 kecamatan yang dipilih sesuai dengan standar penilaian yang telah ditetapkan.

“Dan pada kesempatan ini, Saya meminta kepada Bapak Camat dan jajarannya, serta Keuchik dan aparatur pemerintah gampong untuk dapat terus mendukung kelompok-kelompok perajin di gampong Sukaramai ini,” ujarnya.

Nurmiati menyebutkan, potensi usaha kerajinan yang dimiliki oleh masyarakat gampong sukaramai, yaitu usaha kerajinan kasab. Namun saat ini telah dikembangkan juga usaha kerajinan bordir motif pinto khob yang merupakan warisan budaya Kota Banda Aceh yang dipelopori oleh Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh dan didukung penuh oleh keuchik gampong.

“Dukungan ini ditindak lanjuti dengan langkah nyata yaitu melakukan pengkaderan kelompok usaha bersama kerajinan, dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga ekonomi lemah dan remaja putri untuk dilatih keterampilan membordir dan Sulaman Kasab, Sulaman Payet serta Keterampilan Lenen Rumah Tangga lainnya,” sebutnya.

Dari hasil tersebut, para perajin telah memproduksi produk sulaman kasab yang dipasarkan melalui Toko Mutiara Souvenir. “Tentunya ini sebagai solusi dalam membuka peluang usaha, karena tujuan dari pembinaan perajin ini adalah sebagai upaya meningkatkan pendapatan keluarga dan memakmurkan perajin gampong sukaramai,” jelas Ketua Dekranasda Kota.

Dirinya pun menghimbau kepada semua pihak gampong Sukaramai, melalui Penilaian Gampong Kerajinan ini, marilah wujudkan gampong yang berprestasi serta di kenal oleh masyarakat luas. “Mudah-mudahan dengan doa dan kesungguhan kita semua, gampong Sukaramai ini akan mendapat nilai terbaik sekaligus menjadi Juara tingkat Provinsi Aceh,” doanya. (Mer)