Sekdako Banda Aceh Sambut Kunker Chief Wash Unicef di Balai Kota

Banda Aceh – Sekdako Banda Aceh Amiruddin menyambut kedatangan Chief Wash Unicef Kannan Nadar di balai kota, Jumat 3 Juni 2022. Kannan dan rombongan tengah melakukan kunjungan kerja di Aceh, dan Banda Aceh menjadi salah satu tujuannya.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat sekda tersebut, turut dihadiri oleh Direktur Yayasan Aceh Hijau Syarifah Marlina AlMazhir, Kepala Kantor Unicef di Aceh, beserta WASH Officer Unicef Perwakilan Aceh Eko Widodo.

Sebelum ke balai kota, delegasi Unicef didampingi unsur DLHK3 Banda Aceh juga telah berkunjung ke lokasi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang terletak di Kampung Jawa.

Kepada Sekda, Kannan menyampaikan apresiasi capaian dan komitmen pemerintah kota di bidang sanitasi. Ia menilai IPLT yang dikelola oleh pemerintah kota. “Bisa menjadi contoh pendekatan ‘green economy’ bagi daerah lain.”

Pasalnya, desain IPLT Banda Aceh dirancang agar sama sekali tidak menggunakan listrik, “Malah sebaliknya menghasilkan energi dari Biogas,” ujarnya seraya berharap agar fasilitas IPLT dapat dioptimalkan pemanfaatannya.

Sementara Sekda Amiruddin menyampaikan terima kasih atas apresiasi Unicef bagi Pemko Banda Aceh. “Pembangunan di bidang sanitasi dan air minum memang merupakan dalah satu fokus Pemko Banda Aceh saat ini,” katanya.

Ia pun mengharapkan dukungan dari Unicef guna peningkatan capaian bidang air minum, sanitasi, dan hygiene di Banda Aceh. “Kami menyambut baik dan siap bekerja sama, karena ini menyangkut dengan kemaslahatan warga kota demi masa depan kota yang lebih baik,” katanya lagi.

Selanjutnya, para pihak membahas isu sanitasi aman dan dukungan untuk peningkatan sanitasi dan hygiene di Banda Aceh dan Aceh pada umumnya, serta kebutuhan dan prioritas pemerintah daerah di bidang tersebut. (*)

https://bandaacehkota.go.id