Raker Komwil I Apeksi di Medan

Walikota Disambut Dengan Pengalungan Stola Medan

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tiba di Kota Medan dalam rangka mengikuti Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Rabu, 29 Juni 2022.

Wali Kota tiba bersama sang istri, Hj Nurmiati AR. Tiba di Santika Hotel (lokasi acara), Aminullah dan istri disambut hangat dengan pengalungan stola Medan oleh Duta Wisata Medan.

Sebagai informasi, kegiatan Raker Komwil I Apeksi di gelar di Medan yang berlangsung mulai dari 29 Juni sampai 2 Juli 2022. Raker akan dihadiri Wali Kota dari 23 delegasi.

Raker ini esok akan dihadiri oleh 2 menteri, yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Serangkaian acara yang dijawalkan meliputi raker Apeksi, City Tour, pelantikan pengurus, Medan City Expo dan Start Up, Workshop / Forum Diskusi (Narasumber dari Kemenpan RB dan Kemendagri) dan berbagai agenda lainnya. https://bandaacehkota.go.id

Rapat Kerja Komisariat Wilayah I (Komwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) telah usai. Raker digelar di Ballroom Santika Hotel, Medan, pada Kamis, 30 Juni 2022.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama para wali kota lainnya tampak memasuki Ballroom Santika Hotel mengenakan batik tenun serasi beserta masing-masing rombongan delegasi.

Tarian, kesenian dan alunan lagu tradisional ditampilkan dari panggung utama menghibur seluruh tamu dan delegasi.

Rakerwil yang berlangsung kurang lebih dua jam itu melahirkan beberapa rekomendasi serta usulan bagi daerah dan akan dibahas di pemerintahan pusat, yakni bersinergi dan berkolaborasi menyelesaikan permasalahan atau isu-isu yang ada, di antaranya seperti penghapusan tenaga honorer pada November 2023 mendatang.

Wali Kota Aminullah Usman sepakat bergerak serentak dalam memperjuangkan ribuan hajat tenaga kerja kontrak di instansi pemerintahan, yang menurutnya dapat menstabilkan angka pengangguran dan kemiskinan, khususnya di Banda Aceh.

Di samping itu, Aminullah juga memberikan pujian untuk Medan yang dinilai sukses sebagai tuan rumah. Ia melihat Pemko serta jajaran bersama masyarakat Medan sangat antusias dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan Raker Komwil I APEKSI.

“Medan adalah kota yang sangat bersahabat. Penduduknya ramah, dan kita sangat mengapresiasi suksesnya kegiatan yang menghadirkan puluhan daerah di sini,” puji Aminullah.

Sementara itu, terkait pelaksanaan APEKSI, Wali Kota Bogor Bima Arya selaku Dewan Pengurus APEKSI berharap seluruh kota yang tergabung dalam Komwil I APEKSI ini dapat bersinergi dan berkolaborasi menyelesaikan permasalahan atau isu-isu yang ada, di antaranya seperti penghapusan tenaga honorer pada November 2023 mendatang.

“Komwil I APEKSI tentunya mendukung hal tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa harus ada regulasi dan kebijakan yang jelas serta jalan keluar untuk para honorer tersebut,” paparnya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution sekaligus Ketua Komwil I Apeksi mengungkapkan, kolaborasi antar pemerintahan, unsur Forkopimda serta masyarakat yang menjadikan kota (bagian Apekai) menjadi kota maju.

“Setiap kota tentunya tidak akan bisa maju tanpa adanya dukungan dari daerah sekitarnya. Itu sebabnya kolaborasi ini merupakan langkah yang penting dilakukan untuk memajukan suatu kota,” jelas Bobby Nasution.

Disamping itu, terkait rencana penghapusan tenaga honorer di tahun 2023 ini, Bobby mengajak pengurus Komwil I APEKSI untuk bersama-sama berdiskusi bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan memberikan pandangan dan masukkan. “Semoga masukan ini dapat diterima oleh Pemerintah Pusat,” harapnya.

Rapat kerja Komwil I APEKSI ini dilanjutkan dengan diskusi bersama para anggota Komwil I Apeksi yang dipimpin oleh Wali Kota Medan sekaligus Ketua Komwil I APEKSI, Wakil Ketua I H Zul Elfian SH MSi sekaligus Wali Kota Solok, Wakil Ketua II Hj Rahma SIP sekaligus Wali Kota Tanjung Pinang dan Wakil Ketua III Drs H Amir Hamzah MAP sekaligus Wali Kota Binjai serta moderator Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Sofyan guna menghasilkan rekomendasi Komwil I APEKSI Kota Medan tahun 2022.

Kemudian, para Wali Kota menandatangani Berita Acara Rapat Kerja Komwil I APEKSI serta dilanjutkan dengan penutupan. Acara dipungkasi dengan peninjauan stand Medical Expo yang diikuti sejumlah rumah sakit di Kota Medan dan stand Dinas Pariwisata Kota Medan.

Produk UMKM Banda Aceh Laku Keras di Expo APEKSI Medan

Pada acara Expo Apeksi 2022, stand Dekranasda Banda Aceh menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Saat kegiatan berlangsung, produk-produk UMKM dari Kutaraja jadi buruan para peserta yang hadirhadir, Kamis, 30 Juni 2022.

Usai rakerwil berlangsung, para peserta APEKSI bergegas mengunjungi Expo yang berlokasi di lapangan Merdeka, Medan.

Di sana, 22 peserta Apeksi yang terdiri dari wali kota berbagai daerah di Sumatera (wilayah I) dikomandoi Wali Kota Medan, M Bobby Afif Nasution memadati stand Dekranasda Kota Banda Aceh didampingi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Para peserta tampak kagum melihat produk pengrajin UMKM Banda Aceh. Seketika Wali Kota Bobby mengambil dan langsung mengenakan Kupiah Meukutop di kepala, diikuti peserta lainnya.

Wali Kota Aminullah juga mengenalkan produk unggulan lainnya seperti Tas Aceh, kue khas Aceh, pakaian dan kain, hingga kopi tanah Aceh.

“Produk UMKM Banda Aceh Laku Keras di Expo APEKSI Medan. Kupiah dan souvenir lainnya merupakan produk unggulan Banda Aceh yang akan kita promosikan guna mendukung pelaku UMKM kita di kancah Nasional,” katanya.

Wali Kota Aminullah juga tak lupa mengapresiasi panitia yang telah sukses menggelar event APEKSI di Kota Medan. “Kami melihat Pemko serta jajaran bersama masyarakat Medan sangat antusias dalam menyukseskan penyelenggaraan kegiatan Raker Komwil I APEKSI,” katanya.

Para peserta Apeksi pun melanjutkan mengunjungi stand daerah lainnya sembari mengenakan Kupiah Meukutop di kepala.

https://bandaacehkota.go.id

Malam Temu Ramah Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah I (Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), berlangsung di halaman depan Kantor Wali Kota Medan, pada Kamis Malam, 30 Juni 2022.

Mulainya acara ditandai dengan peluncuran Mobil Mural Medan dan pelelangan karya perupa ibu kota Sumatra Utara ini. Puncak perhelatan ini juga diwarnai oleh manortornya Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Kahiyang Ayu Bobby Nasution bersama seluruh Wali Kota peserta Raker dan istri.

Hal itu menunjukkan sinergitas anggota Apeksi makin kuat dalam mendukung UMKM.

Malam Temu Ramah Raker Komwil I Apeksi

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan sang istri Hj Nurmiati AR turut mengikuti langsung dari bangku VIP bersama Wali Kota peserta Apeksi lainnya.

Wali Kota Aminullah mengapresiasi jamuan Wali Kota Medan, M Bobby Afif Nasution dan sang istri Ny Kahiyang Ayu putri Presiden RI Joko Widodo yang terkesan sangat meriah.

“Seluruh delegasi mendapat sambutan hangat, yang sangat ramah dan memuaskan. Saya selaku Wali Kota Banda Aceh sangat mengapresiasi suksesnya seluruh rangkaian acara pada Raker Komwil I Apeksi di Kota Medan ini,” ungkap Aminullah.

Aminullah juga mengapresiasi suasana malam temu ramah yang berlangsung meriah dan penuh keakraban antara para anggota Komwil I Apeksi.

Wali Kota Aminullah pada satu kesempatan pun saling bertukar cinderamata dengan Wali Kota Bobby. Keduanya tampak akrab dan saling menebar senyum satu sama lain.

Malam Ramah Tamah ini juga diwarnai dengan pelelangan empat karya seni rupa. Dua lukisan, dua ekor harimau dan wajah seekor harimau masing-masing mendapat penawaran tertinggi sebesar Rp15 juta dan Rp 25 juta. Sebuah lukisan berbentuk poster yang bergambar wajah seluruh Wali Kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi mendapat penawaran tertinggi dari Wali Kota Pekanbaru sebesar Rp125 juta. Sebuah guci yang dilelang juga mendapat penawaran tertinggi sebesar Rp25 juta dari Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution. Sebagian pendapatan dari lelang ini akan disumbangkan untuk membantu pelestarian lingkungan dan penanganan stunting.

Pertunjukan demi pertunjukan kesenian mengalir dan memukau hingga tak terasa acara yang dimulai setelah Isya ini berakhir menjelang pukul 23.00 WIB. Pertunjukan musik yang memadukan unsur tradisi dan modern, magician, juga tarian multi etnik pun mendapatkan klimaks pas dengan turunnya seluruh Wali Kota Bobby beserta Istri manortor bersama puluhan penari Medan.

https://bandaacehkota.go.id

Ragam Atraksi dan Seni Daerah Dalam Pawai Budaya

Pawai Budaya Nusantara mewarnai hari kedua penyelanggaraan Rapat Kerja Komisi Komwil IV Apeksi di sepanjang jalan Balai Kota Medan, Jumat, 1 Juli 2022.

Kegiatan pawai budaya Nusantara ini merupakan salah satu rangkaian dari Raker Komwil I Apeksi Kota Medan yang menampilkan kesenian dari 23 anggota asosiasi di wilayah I (satu) Sumatera.

Aneka atraksi diperagakan satu persatu oleh peserta pawai budaya nusantara yang menampilkan kesenian dari daerahnya masing-masing dihadapan para wali kota yang duduk di panggung kehormatan.

Para peserta pawai dari masing-masing daerah juga menunjukkan kebolehan daerahnya baik itu dengan tarian, mengenakan pakaian adat, maupun dengan membawa alat musik tradisional.

Tidak ketinggalan Kota Banda Aceh juga ikut meramaikan pawai itu. Pukulan Rapai dan alunan Seurune Kalee turut mengundang perhatian masyarakat saat itu.

 

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengapresiasikan penampilan semua peserta dengan atraksi yang luar biasa, dengan berbagai keanekaragaman budaya.

“Sangat menarik. Ini mempunyai nilai yang tinggi sebagai sarana promosi budaya sesama,” ungkap Aminullah.

Menurutnya, Rakorwil I Apeksi ini memang perlu disukseskan juga dengan menampilkan kebudayaan. Pawai budaya yang digelar menjadi sarana promosi budaya sesama peserta Apeksi atau media untuk mengenal budaya lainnya.

Dalam pawai itu, Kota Banda Aceh menampilkan pakaian adat Aceh yaitu Ulee Balang, yang dikenakan oleh para SKPK, para Camat dan Keuchik wilayah Banda Aceh.

https://bandaacehkota.go.id