Sukseskan Program 10 Juta Bendera, Banda Aceh Peroleh Penghargaan dari Mendagri

“Bakri Siddiq: Penghargaan Ini Milik Warga Kota”

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Walikota Banda, Aceh Bakri Siddiq mendapatkan Penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian, sebagai wujud apresiasi Mendagri kepada Pemerintah Kota Banda Aceh yang telah sukses melaksanakan program Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selama sejak 1 hingga 31 Agustus 2022 dalam rangka menyemarakkan HUT kemerdekaan ke-77 RI.

Kegiatan itu juga berhasil mencatatkan event tersebut dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan rekor dunia dengan total sebanyak 12.070.595 bendera dari Sabang hingga Merauke.

Kota Banda Aceh yang dipilih sebagai salah-satu kota dari tiga kota di Indonesia yang dipilih sebagai lokasi pencanangan gerakan tersebut mendapatkan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dan diterima Penjabat (Pj) Wali Kota Bakri Siddiq di Jakarta, Senin (5/9/2022).

Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq seusai menerima penghargaan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi memerahputihkan Kota Banda Aceh sejak tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022 dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh media cetak, elektronik dan media online yang telah ikut berpartisipasi memberikan informasi dan menyosialisasikan program gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih yang digagas Kemendagri tersebut.

“Penghargaan ini milik warga Kota Banda Aceh yang secara bersama-sama dengan Pemko, TNI, Polri dan komunitas pemuda serta perangkat gampong telah menyukseskan program gerakan 10 juta bendera merah putih,” katanya.

Seusai menerima penghargaan di ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai III Kementerian Dalam Negeri, Bakri Sidq juga mengatakan pada 13 Agustus lalu, Kota Banda Aceh menjadi salah satu lokasi pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di wilayah Sumatera.

Saat itu, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo hadir di Taman Sari (Taman Bustanussalatin) Banda Aceh melaunching gerakan tersebut.

Dengan program itu, Banda Aceh berhasil dimerahputihkan. Jalan-jalan protokol, ruang publik, kantor-kantor pemerintah, kantor-kantor swasta hingga gapura gampong (desa) dan rumah-rumah warga dihiasi oleh warna merah putih. Bukan hanya bendera, tapi juga umbul-umbul dan aneka ornamen lainnya yang bernuansa merah putih pun terlihat menghiasi seluruh pelosok kota saat itu.

Selain kota Banda Aceh, ada 13 daerah yang diundang khusus untuk menerima langsung penghargaan yang diserahkan Wamendagri dan disaksikan Mendagri Tito Karnavian itu, juga ada Kota Lhokseumawe, Kota Surabaya, Kabupaten Banggai, Kabupaten Bone, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Selanjutnya penghargaan juga diberikan untuk Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jambi, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua.[]

https://bandaacehkota.go.id/