10 Alat Inovasi TTG Dinilai Dewan Juri Lomba Tingkat Provinasi Aceh

Banda Aceh,DPMG Aceh- Sebanyak 10 Alat Inovasi Teknologi Tapat Guna (TTG), 7 Posyantek dan 4 TTG Unggulan dilakukan penilaian oleh dewan juri pada Lomba Inovasi Alat TTG,Posyantek dan TTG Unggulan Provinsi Aceh Tahun 2024 di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong ACeh, Senin,25/3/2024.

Kegiatan penilaian Lomba Inovasi Alat TTG, Posyantek dan TTG Unggulan tahun ini dilakukan secara daring via ZOOM Meating dikarenakan surat dari Kepala Badan Pengembangan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 34/BPI.01.02/I/2024 perihal Penegasan GTTGN XXV Tahun 2024 menharuskan penyampaian dokumen pemenang lomba tingkat provinsi disampaikan pada bulan April,sehingga klarifikasi lapangan tidak memungkinkan untuk di lakukan.

Kepala DPMG Aceh yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Kawasan SDA dan TTG, Drs.Wardana, M.Si mengatakan, tujuan dilakukan lomba Inovasi Alat TTG, Posyantek dan TTG Unggulan adalah Sebagai wadah untuk menjaring ide-ide kreatif dan inovatif terkait dengan TTG di masyarakat guna menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis kearifan lokal, potensi daerah dan pemberdayaan masyarakat.

“Salah satu tujuan lomba ini yaitu untuk menjaring atau menggali potensi inventor dalam menciptakan alat alat yang dapat memudahkan masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada,”ujar Wardana.

Sementara itu ketua dewan juri,Ir. Zulfadhli, ST, MT, IPM, mengatakan pada lomba Inivasi Alat TTG tahun ini kriteria penilaian lebih kepada penilaian inovasi dan modifikasi, kegunaan dan manfaat bagi masyarakat, biaya pembuatan dibandingkan dengan TTG sejenis, tingkat kemudahan untuk diadopsi dan dikembangkan masyarakat, tingkat pemanfaatan sumber daya alam dan TTG dan aspek ramah lingkungan dan tampilan/penyajian.

“Penilaian ini akan dilakukan secara obyektif berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan oleh Tim Juri,”jelas Zulfadhli.

Dewan juri penilaian Inovasi Alat TTG, Posyantek dan TTG Unggulan terdiri Akademisi Perguruan Tinggi di Aceh dan Pejabat dari DPMG Aceh.

Kegiatan penilaian Inovasi Alat TTG, Posyantek dan TTG Unggulan ini laksanakan tanggal 25-27 Maret 2024 di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh.

https://dpmg.acehprov.go.id/