Kapal Pesiar Merapat ke Ulee Lheue

BANDA ACEH – Kapal Pesiar MV Clipper Odyssey yang membawa sejumlah turis mancanegara, Senin (10/1/2011) dijadwalkan merapat di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, untuk melakukan kunjungan wisata budaya ibukota Provinsi Aceh tersebut.
Kunjungan para turis itu bertujuan melihat secara dekat budaya Aceh dan pesona alamnya. Mereka telah mengenal budaya dan pesona alam Aceh melalui cerita turun-menurun sejak berabad lalu.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, kapal pesiar dimaksud membawa 115 orang turis mancanegara. Di pelabuhan Ulee Lheue, mereka akan disambut dengan pengalungan bunga diiringi tarian ranup lampuan, sebagai manifestasi “peumulia jame adat geutanyoe (memuliakan tamu adat kita—red)”.

Dari pelabuhan, rombongan turis tersebut menuju Kompleks Makam Sultan Iskandar Muda. Di sana, imbuh Reza, mereka disuguhkan upacara adat, atraksi budaya, dan pameran kerajinan Aceh (display souvenir/kerajinan Aceh berupa perak, kasab, peunajoh Aceh (timphan, keukarah, surga nikmat), bordir Aceh, dan pemakaian inai.

Setelah menikmati berbagai acara di Kompleks Makam Sultan Iskandar Muda dan Museum Aceh, rombongan menuju Kapal PLTD Apung di Punge Blangcut. Kapal ini merupakan salah satu bukti sejarah tsunami di Aceh.(azwani awi)
— Editor: ibrahim ajie . sumber :  http://www.serambinews.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*