Urus KTP Elektronik Dialihkan ke Kecamatan

Dimulai Per 1 Agustus

BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mulai 1 Agustus, mengalihkan proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), ke kantor-kantor camat. Masyarakat tak perlu lagi antre hingga berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat KTP yang selama ini ditangani Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Banda Aceh, yang bertempat di Kantor Wali Kota.Plh Kepala Disdukcapil Banda Aceh, Meri Kasihani SSos, pihaknya sudah dan terus melakukan sosialisasi kepada petugas di sembilan kecematan di Banda Aceh. Untuk alat-alatnya, sedang diupayakan dari pusat.

“Pengurusan KTP nasional masih di Disdukcapil. Tapi, mulai 1 Agustus 2011, pembuatan e-KTP dialihkan ke kantor-kantor camat. Sementara Disdukcapil, bertugas menghimpun database,” kata Meri didampingi Kabid Kependudukan, Zulfikar kepada Serambi, kemarin.

Menurut dia, per 1 Agustus e-KTP yang berbasis teknologi akan berlaku secara nasional. KTP ini terdaftar secara online di seluruh Indonesia. Karena itu, pemilik KTP biasa harus menggantinya dengan e-KTP Sementara saat ini, dominan warga mengurus perpanjangan KTP.

“Dari 226.414 penduduk Banda Aceh, yang wajib KTP 162.661 orang. Setiap hari kami mengeluarkan nomor antrean hingga 350 lembar. Dari 350 setiap hari, hanya 25 lembar permohonan buat baru, sisanya perpanjang,” ungkap Meri.(mir)

Proses pembuatan KTP
> Ambil nomor antrean
> Tunggu pemanggilan nomor antrean
> Menuju ke loket yang ditentukan
> Entry data dan foto
> Pembuatan KTP selesai
> KTP diambil esoknya

Syarat pengurusan KTP
> Berusia 17 tahun
> Menunjukkan surat pengantar dari keuchik
> Mengisi formulir F1.01 (bagi penduduk yang belum pernah mengisi/belum ada data di sistem informasi administrasi kependudukan) ditanda tangani oleh keuchik
> Foto copy Kartu Keluarga (KK)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

5 Comments

  1. asalamualaikum. saya wisnu dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil kutai timur, saya butuh info alamat dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota banda aceh. tolong di send ke email saya cocolan2000@yahoo.com terima kasih

  2. hehehe loh koq itu di gambarnya ada saya ya ( yang pake jilbab coklat lagi berdiri) 🙂 jadi maluuu. thanks serambi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*