“Lomba Masak dan Cipta Menu” PKK Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Utusan Kecamatan Kutaraja dan Kuta Alam berhasil keluar sebagai juara pada perlombaan masak yang diselengarakan oleh PKK Kota Banda Aceh. Kepastian juara ini diperoleh kedua kecamatan tersebut saat diumumkan oleh dewan juri pada acara penutupan perlombaan tersebut, Rabu (5/9) di halaman kantor Walikota Banda Aceh.

Dewan juri menyebutkan, Kecamatan Kutaraja keluar sebagai juara pada katagori lomba masak serba ikan dengan jumlah poin 261, sedangkan kecamatan Kuta Alam menjadi kampiun pada katagori lomba cipta menu beragam, bergizi dan berimbang (3B) dengan jumlah poin 269. Untuk juara Dua dan Tiga pada katagori serba masak serba ikan diraih kecamatan Kuta Alam dan Lueng Bata. Sementara pada katagori lomba cipta menu beragam, bergizi dan berimbang (3B), juara Dua dan Tiga diraih oleh kecamatan Meuraxa dan Kutaraja.

Ketua PKK, Nurshanti Mawardy menjelaskan tujuan lomba masak serba ikan ini dilaksanakan adalah disamping untuk menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi ikan. “Dari sisi ekonomi, kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang pangsa pasar ikan dan produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudidaya dan pengolahan hasil perikanan” tambahnya. Sasaran yang ingin dicapai, kata Nurshanti, adalah terciptanya peningkatan budaya makan ikan di masyarakat dan tersosialisasikannya manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

Sementara itu, untuk lomba menu beragam, bergizi dan berimbang (3B) dilaksanakan untuk memahami aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral yang apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang akan dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar dengan bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. Nurshanti juga menyebutkan kriteria penilaian yang ditetapkan dewan juri, yakni kreatifitas 40 %, penyajian dan penampilan 10 %, cita rasa 30 %, gizi dan higienis 10 % dan dekorasi 10 %.

Acara lomba masak serba ikan dan lomba cipta menu ini di ikuti oleh peserta yang mewakili 9 kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh. Acara ini berlangsung selama Dua hari, dimulai Selasa tanggal 4 September dan berakhir Rabu 5 September.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*