PKK Gelar Workshop Kecakapan Keorangtuaan

Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan karakter, perlindungan kesehatan ibu dan anak dan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu melahirkan, Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh Senin (10/9) menggelar Workshop Pendidikan Kecakapan Keorangtuaan bagi anggota Tim Penggerak PKK kecamatan dalam Kota Banda Aceh.

Acara yang dipusatkan di Aula lantai II Gedung B Balaikota ini dibuka oleh Ketua TPP PKK Kota Banda Aceh, Ny Nurshanti Mawardy.

Dalam sambutannya, Nurshanti mengatakan untuk membangun keluarga sehat dan sejahtera, pendidikan terhadap anak harus dari dalam keluarga itu sendiri. Oleh karenanya, lanjut Nurshanti, peran orangtua sangatlah penting dalam mempersiapkan generasi yang berakhlaqul kharimah dengan meningkatkan kapasitas diri seorang ibu yang dapat menjadi panutan bagi keluarga yang diyakini sebagai lingkup pertama pembentukan karakter anak.

Disamping itu, lanjut Nurshanti, hal yang dirasakan penting adalah perlindungan kesehatan keluarga, terutama perlindungan terhadap ibu hamil dan bayi dalam rangka proses tumbuh kembang anak untuk mencapai kecerdasannya serta penataan ekonomi keluarga sebagai upaya memperkuat ketahanan keluarga. “Hal lain yang tak kalah penting adalah orang tua dituntut mampu menciptakan suasana yang demokratis melalui musyawarah serta melibatkan anak dalam pengambilan keputusan dengan menghindari segala tindakan kekerasan terhadapa anak, dengan demikian anak merasa dihargai dan dilindungi” pinta Nurshanti kepada 40 orang peserta workshop tersebut.

Sementara itu, ketua panitia Ibu Sri Intan Dahlia SE yang juga sebagai Wakil Ketua TP PKK Kota dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan orang tua terhadap perlindungan anak marginal yang bermasalah dengan hukum serta mencegah dengan penelantaran dan kekerasan terhadap anak, meningkatkan wawasan orangtua dalam mengelola ekonomi keluarga serta memotivasi para pemangku kepentingan dalam menjalin kerjasama dan melakukan kaderisasi pendidikan pendidikan kecakapan keorangtuaan.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama TP PKK Kota Banda Aceh dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Acara yang bertema “melalui pendidikan, kecakapan, keorangtuaan kita tingkatkan kader PKK dalam mewujudkan keluarga berkualitas” ini berlangsung selama Dua hari, dan di ikuti oleh 40 peserta, yakni anggota TP PKK Kecamatan dalam Kota Banda Aceh. “Kita menghadirkan Tiga orang narasumber pada workshop ini, Ridwan, S.Ag M.Pd, Ir. Badrunnisa dan Suryati, SKM” jelas Sri Intan Dahlia yang juga istri Sekdakota ini.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / MKK)

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*