Aceh jagokan enam temuan di TTG Nasional

harbour bay batu ampar batam

Provinsi Aceh ikut ambil bagian dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIV di Harbour Bay, Batu Ampar, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, yang berlangsung 10 hingga 14 Oktober 2012. Di even nasional itu, Aceh akan menampilkan enam alat/mesin TTG temuan terbaru.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh, Bukhari AKs MM kepada Serambi, Senin (8/10), gelar TTG Nasional itu diisi dengan rangkaian kegiatan yang terdiri atas: pameran TTG, pameran dagang/promosi, lokakarya TTG, Rakornis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), widyawisata teknologi, temu bisnis, penilaian TTG, serta pameran hasil UKM masyarakat.

Gelar TTG Nasional ini, tambah Bukhari, dapat digunakan sebagai barometer kemajuan TTG yang telah diadopsi dan didayagunakan oleh masyarakat dan sebagai wahana tukar-menukar informasi antara pemerintah daerah seluruh Indonesia dengan komponen masyarakat.

Bukhari berharap delegasi Aceh tahun ini bisa kembali meraih juara, mengingat Aceh sudah sering menang dalam even serupa. Misalnya, pada 2010, wakil Aceh di Gelar TTG Nasional di Yogyakarta meraih juara I. Tahun 2011 Aceh meraih juara harapan II di TTG Nasional Sulawesi Tenggara. Tahun 2002 Aceh meraih juara II di TTG Nasional di Sumatera Utara.

Selain itu, sesuai dengan surat Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri nomor 896.2/6319/PMD tanggal 21 September 2012, Kepala BPM Aceh diminta menjadi narasumber dalam Rapat Konsultasi Teknis Teknologi Tepat Guna Nasional di Batam.

“Judul yang akan dipresentasikan Kepala BPM Aceh adalah Implementasi Kebijakan Program/Kegiatan Teknologi Tepat Guna di Aceh,” kata Fachrur Razi, staf Bidang TTG di BPM Aceh. Rakornis ini, menurutnya, merupakan rangkaian kegiatan Gelar TTG Nasional XIV yang dilaksanakan 11 Oktober di Batam.(dik)

sumber :aceh.tribunnews.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*