Musrena Regional I Kota Banda Aceh

musrena IBanda Aceh- memasuki Awal tahun 2013, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menggelar Musyawarah Rencana Aksi Perempuan (Musrena) dalam rangka menjaring aspirasi kaum perempuan yang akan diakomodir dalam pembangunan Kota Banda Aceh tahun anggaran 2013. Musrena kali ini di bagi dalam Tiga lokasi terpisah, yakni Kantor Camat Ulee Kareng, kantor Camat Lueng Bata dan Kantor Camat jaya Baru. Musrena Regional I (kecamatan Ulee Kareng, Kuta Alam dan Syiah Kuala) digelar Selasa (5/2/2013) di Aula Kantor Camat Ulee Kareng.

Acara ini dibuka oleh Asisten II Bidang Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Pemko Banda Aceh Drs. Ramli Rasyid M. Si yang mewakili Wakil Walikota Banda Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Ramli Rasyid yang membacakan sambutan Wakil Walikota menjelaskan latar belakang Musrena ini di gelar karena perempuan kota Banda Aceh banyak yang berkiprah dan beraktivitas dalam bidang ekonomi, sosial dan politik memiliki prestasi yang tidak kalah dari kaum pria, namun dalam proses pembangunan kaum perempuan kurang mendapat tempat termasuk dalam proses perencanaan pembangunan itu sendiri.

Dilanjutkannya, karena kurangnya keterlibatan perempuan dalam rencana pembangunan, mengakibatkan usulan yang dihasilkan kurang berpihak kepada kebutuhan perempuan itu sendiri, padahal dari data penduduk Kota Banda Aceh, jumlah perempuan dan pria hampir seimbang. “Atas dasar inilah, maka dibentuk suatu wadah yang dapat menampung aspirasi kaum perempuan yang dinamakan dengan Musrena” kata Ramli.

Katanya lagi, ada beberapa tujuan yang ingin didapatkan dari Musrena ini, yakni disamping sebagai wadah komunikasi langsung bagi perempuan, juga sebagai ajang pembelajaran dalam merumuskan suatu rencana aksi pembangunan yang kemudian memberi ruang bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam mengutarakan permasalahan serta kebutuhannya secara nyata dalam kegiatan musrenbang nantinya. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah memiliki dasar pertimbangan proporsi anggaran pendapatan dan belanja gampong atau bantuan gampong.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan perencanaan pembangunan Kota Banda Aceh yang berbasis keadilan gender dengan mengadaptasi system perencanaan bottom up yang dimulai dari Gampong, Kecamatan dan nantinya akan dilaksanakan ditingkat Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Camat Ulee Kareng Aulia R. Dahlan dalam laporannya mengatakan Musrena yang digelar di kantor Camat Ulee Kareng merupakan Musrena Regional I yang meliputi Tiga Kecamatan dengan melibatkan perwakilan perempuan dari 30 Gampong. “Setiap Gampong mengirimkan Dua orang utusannya untuk mengikuti Musrena ini, jadi 60 peserta hadir pada acara ini dari 30 gampong yang ada di Tiga Kecamatan dalam regional ini” jelas Aulia.

Turut hadir pada acara ini, Kadis Kota Banda Aceh PU Ir. Zahruddin, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPKB) Kota Banda Aceh Badrunnisa, perwakilan dari Bappeda.

Dari data yang diterima, setelah pembukaan Musrena di Regional I, juga akan dilakukan pembukaan Musrena di Regional II dan III pada hari Rabu (6/2)dan Kamis (7/2). Musrena Regional II akan dipusatkan di Kantor Camat Lueng Bata, sementara untuk Regional III akan dipusatkan di Kantor Camat Jaya Baru.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / MKK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*