Pawai Tarhib Ramadhan 2015

endangBanda Aceh – Nuansa putih-putih menghiasi sejumlah ruas jalan di Kota Banda Aceh. Sekitar 25 ribuan warga Kota Banda Aceh mengenakan pakaian berwarna putih ikut memeriahkankan pawai akbar Tarhib Ramadhan.

Kegiatan yang diinisiasi Pemko Banda Aceh ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE, Kamis (11/6/2025) pagi, melepas langsung start pawai akbar Tarhib Ramadhan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Illiza menjelaskan, pawai yang melibatkan berbagai elemen masyarakat ini dimaksudkan sebagai syiar kepada warga untuk mempersiapkan diri menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

pawaiIlliza sendiri bersama dengan Ketua DPRK Arif Fadhillah SIKom, Kapolresta Kombespol Zulkifli dan Sekda Kota Banda Aceh Ir Bahagia Dipl SE memimpin barisan terdepan para peserta pawai.

Di belakangnya, barisan pawai diisi oleh para Kepala SKPD Pemko Banda Aceh bersama para kepala BUMN, BUMD, pelajar, unsur pemuda dan masyarakat  lainnya.

Sebuah truk dengan bak terbuka yang sudah dideasin lengkap dengan pengeras suara juga ikut memeriahkan pawai akbar ini. Truk ini diisi para Dai Perkotaan yang selalu mengimbau dan menyampaikan tausiah kepada warga untuk mempersiapkan diri menjalani ibadah puasa.

Para Dai juga mengimbau warga untuk berbondong-bondong memakmurkan Masjid dan Meunasah serta memperbanyak kegiatan-kegiatan keagamaan selama bulan puasa.

tim bpmKepada pengusaha warung makan, warung kopi dan cafe, juga diimbau agar tidak membuka usaha pada siang hari, sesuai dengan seruan bersama yang telah dikeluarkan Muspida Banda Aceh.

Di sepanjang rute yang dilewati para peserta pawai mulai dari Blang Padang-Pendopo Gubernur-Simpang Kodim-Simpang Surabaya-Jambo Tape-Simpang Lima dan finish di Masjid Raya Baiturrahman, warga terlihat berdiri berjejer menyaksikan dari emperan toko hingga berdiri di trotoar jalan. Bahkan di antara mereka banyak pula yang mengabadikan moment ini dengan telepon seluler dan perangkat elektronik lainnya yang mereka miliki. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/