LKMS Mahirah Raih Laba Perdana Rp1,28 Miliar

Aset Capai Rp38 Miliar

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengungkapkan, saat ini Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah meraih laba Rp1,28 miliar pada akhir 2020.

Hasil tersebut berdasarkan laporan pembukuan kenaikan laba pada semester II, dari sebelumnya Rp557 Juta pada 2019. Prospek tersebut, katanya, ditopang oleh pendapatan margin bersih sebesar Rp3,8 miliar pada akhir penutupan buku, per
31 Desember 2020.

“LKMS Mahirah terus menampakkan hasil baik dalam menjalankan operasionalnya. Sehingga telah berhasil BEP (Break Even Point) pada tahun ini dan juga tingkat kesehatannya baik,” kata Aminullah, 3 Januari 2021 di Pendopo.

Aminullah juga menyebutkan, Mahirah membukukan laba tahun berjalan setelah pajak bersih pada semester II 2020 senilai Rp1,28 miliar, atau tumbuh 130,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year On Year/YOY).

Atas pencapaian tersebut, Aminullah pun mengapresiasikan Mahirah dengan pencapaian yang semakin meningkat.

Di samping itu, Aminullah juga mengungkapkan, lembaga keuangan yang menjadi alat utama dalam memberantas rentenir ini terus memberikan dukungan terhadap dunia usaha mikro kecil.

“Pada dasarnya, berdirinya Mahirah sendiri karena prihatin kami di awal menjabat kepada masyarakat menengah ke bawah. Yang dimanfaatkan oleh para tengkulak, menjerat kaum kurang mampu di Banda Aceh,” kata Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Aceh itu.

Dikonfirmasi terpisah, Dirut Mahirah, T Hanansyah mengatakan, berdasarkan laporan keuangan (unaudited) harian, pada Jumat (1/1/2021), perolehan laba tersebut ditopang oleh pendapatan margin bersih yang senilai Rp3,8 miliar pada periode yang sama, LKMS Mahirah berhasil menurunkan beban operasional sebesar 20,91 persen YOY pada akhir 2020, menjadi Rp2,5 miliar.

Hanan juga menyebutkan, selama akhir tahun 2020, Mahirah telah menyalurkan Pembiayaan Syariah senilai Rp18,42 miliar, meningkat dibandingkan posisi akhir tahun lalu sebesar Rp10 miliar (Year To Date/YTD).

LKMS Mahirah pun berhasil membukukan pertumbuhan aset selama tahun 2020 sebesar 43,1 persen (YTD) menjadi Rp38,26 miliar.

“Penghimpunan dana tercatat tumbuh 37,3 persen (YOY) pada semester II 2020 menjadi Rp33,2 miliar,” jelasnya.

Kemudian, rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) Mahirah periode semester II 2020 adalah sebesar 2,0 persen (gross) dan 1.7 persen (net). Rasio profitabilitas yang diukur melalui Return On Assets (ROA) sebesar 3,3 persen. Perolehan Net Interest Margin (NIM) tercatat sebesar 7,5 persen dengan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) 71 persen, jelasnya lagi.

Selanjutnya pada Cabang Mal Pelayanan Publik (MPP), Mahirah membukukan aset senilai Rp5,6 miliar. Pembiayaan sebesar Rp6 miliar. Dengan rasio pembiayaan bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) Mahirah tercatat sebesar 0 persen (gross) dan 0 persen (net).

“Rasio pembiayaan terhadap simpanan atau Financing to Depostit Ratio (FDR) pada akhir tahun 2020 sebesar 73 persen,” tutupnya. (Riz)

https://bandaacehkota.go.id