Banda Aceh Gemilang Expo 2022

Setelah dua tahun terakhir vakum akibat pandemi Covid 19, Pemerintah Kota Banda Aceh kembali menggelar Banda Aceh Gemilang Expo 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-817 Kota Banda Aceh.

Banda Aceh Gemilang Expo dijadwalkan  dibuka langsung secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman sore ini pada pukul 16.30 WIB Jumat (10/6/2022) di Taman Sari.

Kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jalaluddin selaku Ketua Panitia Pelaksana, pada upacara Pembukaan Banda Aceh Gemilang Expo 2022 akan menampilkan tari-tarian dari siswa SD/SMP se Kota Banda Aceh serta kreasi seni budaya lainnya.

“Pada Opening Ceremony “Banda Aceh Gemilang Expo 2022”, para pengunjung akan disuguhkan tarian daerah Aceh dari siswa SD/SMP dan penampilan group musik yang ada di Kota Banda Aceh dengan mengusung semangat “Kota Gemilang”, kata Jalaluddin

Jalaluddin juga menyampaikan Banda Aceh Gemilang Expo 2022 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, peralatan rumah tangga, furnitur, dan barang elektronik Lalu, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal dan obat-obatan, perbankan, produk jasa, kosmetik hingga donor darah.

“Banda Aceh Gemilang Expo 2022 juga akan menyuguhkan Kompetisi Drumband Gemilang tingkat SD/SMP se Kota Banda Aceh yang akan di gelar pada Minggu pagi 12 Juni 2022 serta pada malamnya penutupan “closing ceremony” akan ada penyerahan penghargaan, doorprize serta menampilkan suguhan musik dari Rialdoni,” kata Jalaluddin.

Banda Aceh Gemilang Expo tersebut selain dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 817 Kota Banda Aceh juga bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM ) di Kota Banda Aceh.

Seperti kita ketahui bersama, sejak Aminullah Usman menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh, sektor UMKM tumbuh dan berkembang dengan bagus. Jumlah UMKM terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2016 jumlah UMKM hanya 9.591 unit namun kini di tahun 2022 UMKM di Banda Aceh sudah mencapai 17.205 unit.

Wali Kota menyampaikan bahwa Banda Aceh Gemilang Expo 2022 ini merupakan salah satu strategi Pemerintah Kota dalam memberdayakan dan mendongkrak UMKM di “Kota Gemilang”.

“Dengan adanya event inii, kita berharap UMKM akan terus bangkit dalam menggerakkan sektor perekonomian Kota Banda Aceh, sehingga dengan sendirinya akan menambah pendapatan bagi pelaku usaha serta masyarakat, UMKM Bangkit Rakyat Sejahtera,” kata Aminullah.

Wali Kota juga mengajak semua pihak untuk membangkitkan kembali ekonomi Kota Banda Aceh yang terpuruk setelah dua tahun dilanda pandemi Covid 19.

“Mari kita bangkit bersama, setelah dua tahun kita dilanda pandemi, kini saatnya kita berbenah membangkitkan kembali perekonomian kita, kita juga berharap sejumlah pihak untuk menggelar event seperti ini kedepannya,” harap Aminullah.

Dalam acara seremonial pembukaan Banda Aceh Gemilang Expo 2022″, wali kota juga menyerahkan santunan kepada 200 anak yatim, dan para undangan dan pengunjung juga disuguhkan tari tarian serta Drumband Kolosal dari siswa-siswi SD/SMP Kota Banda Aceh.

Malam Resepsi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT ) ke-817 Kota Banda Aceh yang digelar di Taman Bustanussalatin, Minggu 12 Juni 2022 menghadirkan suasana yang begitu meriah.

Dalam acara yang dirangkai dengan penutupan Banda Aceh Gemilang Expo 2022 tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh menyerahkan penghargaan khusus kepada para pihak yang selama ini dinilai telah berkontribusi positif bagi kemajuan kota.

Anugerah Gemilang Award 2022 yang diserahkan Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifin tersebut diberikan kepada Satgas Covid-19, penggerak Zikir, perbankan, guru, atlet berprestasi, tokoh olahraga, komunitas UMKM hingga tokoh pemberatasan rentenir.

Bukan hanya itu, juga dibagikan hadiah bagi para pemenang aneka lomba yang digelar Pemko Banda Aceh selama gelaran menyambut hari jadi Banda Aceh ke-817.

Euforia kemeriahan semakin terasa saat Wali Kota Aminullah melakukan penarikan undian doorprize bagi para pengunjung, ditambah dengan penampilan Rialdoni saat membawakan lagu “Banda Aceh Kota Gemilang” membuat malam Resepsi HUT Kota Banda Aceh tersebut semakin semarak.

Wali Kota Aminullah Usman dalam sambutannya menyampaikan malam resepsi serta sejumlah event dalam memeriahkan HUT Kota Banda Aceh ke 817 dilaksanakan usai Kota Banda Aceh dinyatakan zona hijau.

“Alhamdulillah, seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan Banda Aceh masuk zona hijau kita bisa menggelar seluruh rangkaian kegiatan, dimulai dari kegiatan olahraga, keagamaan, kesehatan, hingga Banda Aceh Gemilang Expo yang bertujuan mendongkrak UMKM di Kota Banda Aceh,” sebut Aminullah.

Mantan Dirut Bank Aceh tersebut juga mengajak seluruh pihak untuk bangkit dan bersatu, singkirkan perbedaan, ciptakan peluang baru demi Kota Banda Aceh tercinta.

“Dengan moment HUT ke 817 Kota Banda Aceh, mari kita bangkit dan bersinergi bersama untuk terus menggerakkan ekonomi Banda Aceh melalui penyelenggaraan kegiatan, baik berskala lokal, nasional hingga internasional demi menghidupkan kembali perekonomian masyarakat,” ajak Aminullah.(AY)

https://bandaacehkota.go.id

https://bandaacehkota.go.id

https://bandaacehkota.go.id